Rayakan HUT Ke-77 RI, Google Doodle Tampilkan Ilustrasi Pacu Jalur

Google-Doodle-Pacu-Jalur.jpg
(Google)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada Rabu 17 Agustus 2022, laman tampilan Google tampak berbeda dari biasanya.

Pada HUT ke-77 RI kali ini, Google Doodle mengubah tampilan logo di Google Search dengan sebuah ilustrasi lima orang dengan berbagai pakaian tradisional sedang berada di atas perahu.

Ilustrasi tersebut merupakan festival tahunan yang biasanya diadakan di Kuantan Singingi, Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat menjelaskan Pacu Jalur adalah perlombaan dayung di sungai dengan perahu panjang yang terbuat dari sebatang kayu.

"Kegiatan ini biasa rutin digelar setiap bulan Agustus di Sungai Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Untuk tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 21-25 Agustus di Taluk Kuantan," kata Roni, Rabu 17 Agustus 2022.


Dijelaskan Roni, dalam bahasa penduduk setempat, Jalur berarti perahu besar yang terbuat dari sebatang kayu bulat tanpa sambungan dengan membawa 45-60 orang pendayung, berpacu menyusuri Sungai Batang Kuantan.

"Panjang perahu ini bisa mencapai 25 hingga 40 meter dan lebar bagian tengah kira-kira 1,3 hingga 1,5 meter," tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zein menambahkan Pacu Jalur telah resmi menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) Provinsi Riau tahun 2015.

WBTb ini juga telah disahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Pacu Jalur merupakan satu di antara warisan budaya tak benda asal Provinsi Riau. Pembukaan acara ini setiap tahunnya berlangsung cukup meriah. Masyarakat datang tumpah ruah memenuhi tribun dan Tepian Narosa, Taluk Kuantan," pungkasnya.

Ilustrasi Pacu Jalut tersebut dibuat oleh seniman asal Bandung, Wastana Haikal. Ia merupakan seorang ilustrator lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kerap berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar Indonesia.