CFD di Pekanbaru Tetap Buka di Tengah Naiknya Angka Positif Covid-19

CFD-Pekanbaru-31-Juli.jpg
(Laras Olivia/Riau Online.co.id)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kegiatan Car Free Day (CFD) di Kota Pekanbaru masih dibuka meski angka kasus positif COVID-19 meningkat, Minggu, 31 Juli 2022. Masyarakat masih berolahraga maupun berjualan di areal CFD.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, pihaknya saat ini belum berencana untuk menutup CFD seperti sebelumnya. Apalagi aktivitas CFD baru dimulai kembali pada awal Juni 2022 lalu.

"Belum ada rencana tutup. Namun kita berencana melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan CFD yang sudah berlangsung hampir dua bulan ini. Kita bakal melaporkan hasil evaluasi kepada Pj wali kota," ujar Yuliarso.

Terkait kelanjutan aktivitas CFD di Jalan Jenderal Sudirman, katanya, tergantung petunjuk dan arahan dari Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru. Pihaknya juga bakal berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pelaksanaan CFD.

 

 


Ia juga mengimbau para pengunjung CFD yang berolahraga bisa tetap menerapkan protokol kesehatan. Ia menyadari selama ini masih ada sejumlah pengunjung yang abai terhadap protokol kesehatan.

"Para pengunjung mestinya tetap mengenakan masker dan menjaga jarak selama berolahraga," imbaunya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy membenarkan adanya lonjakan kasus Covid-19. Kasus cenderung meningkat jelang akhir bulan Juli 2022.

 

 

Hal tersebut berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru mencapai 69 kasus. Setiap harinya kasus aktif bertambah dalam dua pekan belakangan.

"Banyak dari mereka saat ini menjalani isolasi mandiri, karena mereka hanya gejala ringan dan tanpa gejala," ujarnya, Rabu 27 Juli 2022.

Zaini mengatakan bahwa sesuai penelusuran tim kesehatan banyak dari kasus akibat pasien tidak mengikuti protokol kesehatan dengan baik. Ada juga yang terpapar dari anggota keluarga.