Mal Vaksinasi Bakal Dibuka di Hari Jadi Provinsi Riau

Vaksinasi18.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)


LAPORAN: TIKA AYU

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengatakan akan membuka Mal Vaksin di hari jadi Provinsi Riau pada 9 Agustus mendatang, di Gedung Arsip lantai 3, Jalan Melur, Pekanbaru.

"Karena namanya Mal Vasinasi, jadi waktu pelayanannya sama seperti mal. Buka jam 10 tutup, jam 10 (malam, red)," ujarnya saat ditemui di acara Rapat Pengurus Penanggulangan HIV Aids Provinsi Riau, di Hotel Prime Park, Pekanbaru, Jumat, 22 Juli 2022.

Zainal menjelaskan, dicetuskannya inovasi ini sebagai upaya alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi. Tak hanya itu, Mal Vaksinasi juga disediakan layanan Posyandu secara gratis.

"Biasanya Posyandu bukanya pagi, kita nggak sempat, nggak bisa antar. Jadi sekarang anak kita bisa ke sana," terangnya.

Untuk akses layanan Mal Vaksinasi, dijelaskan Zainal, dapat dilakukan dengan dua cara. Katanya, pertama melalui aplikasi, yakni Google Form atau scan Q-Code dan kedua langsung ke lokasi Mal Vaksinasi.


 

 

"Kalau masyarakat yang mau langsung bisa, silakan. Atau mau atur jadwal, bisa melalui G-form, misalnya. Jadi bisa pesan seminggu kemudian atau 4 hari kemudian. Semua gratis," paparnya.

Zainal menyebutkan, Mal Vaksinasi melayani hingga 500 vaksin per hari. Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan dua tim pelayanan.

"Pelayanannya dibuat dua tim, satu di lapangan dan satu lagi online," paparnya.

Zainal mengimbau masyarakat dapat ikut serta dalam vaksinasi di fasilitas yang akan disediakan ini.

"Jadi kita lakukan vaksinasi itu mencegah daripada sakit baru mengobati, itu yang susah," terangnya.

Dengan hadirnya Mal Vaksinasi, Zainal berharap, dapat membantu mempercepat vaksinasi di Riau.