Jokowi Beli Sapi Kurban Seberat 814 Kg untuk Riau dari Peternak Pekanbaru

sapi-jokowi2.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau melalui Kepala Bidang Produksi Elly Suryani Masfar mengatakan, jatah sapi kurban untuk Riau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibeli dari peternak asal Pekanbaru.

Elly menjelaskan, sapi yang dibeli dari bantuan presiden itu berjumlah satu ekor. Jenisnya adalah sapi Simmental dengan berat 814 kilogram.

"Dari peternak bernama Afrizal di kota Pekanbaru. Alamatnya di Jalan Purwodadi, Kecamatan Tuah Madani," katanya, Senin, 4 Juli 2022.

Lebih lanjut, Elly menjelaskan, sapi dari presiden itu nantinya akan dipotong sesudah pelaksanaan salat Idul Adha. Pemotongan berlangsung di halaman Masjid Darussalam, Pondok Pesantren Babussalam, Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru, Minggu, 10 Juli 2022 mendatang.

 


 

"Pak Gubernur dan Kadisnak akan salat Idul Adha di sana sekalian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala PKH Herman mengatakan, peternak menawarkan sapi dengan harga Rp75.000.000 lalu ditawar dan akhirnya dibeli dengan harga Rp70.000.000.

Sapi kurban itu sebelum dibeli sudah dilakukan cek kesehatan agar bebas dari penyakit, mengingat saat ini sedang mewabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Sebelum dibayar kemaren sudah dibentuk tim untuk pemeriksaan kesehatan termasuk untuk tim pengawas. Jadi insyaallah sapi kurban milik presiden bebas dari penyakit," pungkasnya.