Asyik, CFD di Kota Pekanbaru Bakal Dibuka Lagi

Car-free-day.jpg
(Infopublik)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada 2020 silam, semua aktivitas yang memicu keramaian terpaksa dihentikan, termasuk Car Free Day (CFD) di Kota Pekabaru. Kini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana untuk kembali menggelar kegiatan CFD

Kegiatan CFD perdana sejak pandemi ini dibuka kembali seiring dengan Hari Jadi Pekanbaru yang ke-238. Ada rencana penerapan kembali Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) ini digelar mulai 12 Juni 2022 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, Pemko Pekanbaru menggunakan ruas Jalan Jenderal Sudirman sebagai titik lokasi CFD. Pihaknya pun berkoordinasi dengan unsur Forkopimda.

"Tanggal 12 Juni atau 19 Juni ini kita mulai. Ini masih menunggu hasil rapat Forkopimda dan satgas Covid-19 Pekanbaru," ujar Yuliarso, Jumat 3 Juni 2022.

Menurutnya, rencana CFD ini masih dalam pembahasan. Mereka juga melihat situasi terkini perkembangan kasus Covid-19. Terkait teknis, Yuliarso menyatakan masih sama dengan sebelumnya.

"Karena ada arahan Presiden kalau di luar ruangan boleh buka masker, yang penting sudah vaksin dua kali minimal. Apalagi Kota Pekanbaru capaian vaksin umum sudah diatas 100 persen," ungkapnya.


 

 

Dengan capaian vaksinasi di atas 100 persen, Yuliarso menilai kegiatan di luar ruangan sudah dapat dilakukan. Ia memprediksi dalam pekan ini sudah dapat diputuskan kegiatan CFD untuk dimulai.

Ia menyebut, kegiatan CFD ini tidak hanya dibuka saat momen hari jadi Pekanbaru saja. Jika tidak ada peningkatan kasus Covid-19, CFD bakal dibuka setiap pekannya.

Pihaknya pun melakukan serangkaian persiapan guna memastikan CFD berlangsung dengan aman. Ia mengaku pemberlakuan HBKB nantinya sesuai dengan arahan dari Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru.

"Maka kita nanti bakal menyesuaikan jadwal CFD dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi terkini Kota Pekanbaru," jelasnya.

Penerapan HBKB ini biasanya berlangsung di sejumlah ruas jalan yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Cut Nyak Dien dan Jalan Gajah Mada.

Kendaraan tidak boleh melintas selama penyelenggaraan CFD. Jadwal CFD berlangsung pukul 06.00 WIB hingga pukul 9.00 WIB.