131 Pengungsi Rohingya Pindah ke Pekanbaru Bulan Ini

Pengungsi-Rohingya2.jpg
(AP Photo: Zik Maulana)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Ratusan pengungsi etnis Rohingnya bakal tinggal sementara di Kota Pekanbaru. Para pengungsi yang jumlahnya mencapai 131 orang tersebut dipindahkan dari Aceh.

"Ada rencana pemindahan pengungsi berlangsung pada Mei ini," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Minggu, 15 Mei 2022.

Zulfahmi mengatakan, tim Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN) melakukan pembahasan. Mereka mempersiapkan kelengkapan administrasi serta akomodasi bagi para pengungsi tersebut.

Tim PPLN juga berkordinasi dengan aparat keamanan terkait pemindahan para pengungsi. Mereka juga menanti petunjuk dari pemerintah pusat terkait pemindahan pengungsi dari Aceh ke Kota Pekanbaru.


"Kita menunggu atensi dari pemerintah pusat terkait pemindahan ini, agar tidak ada kendala nantinya," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, lokasi akomodasi tersebut berbeda dengan akomodasi pengungsi saat ini. "Kita bakal siapkan akomodasi baru, untuk penempatan pengungsi," ujarnya.

Zulfahmi mengaku tim PPLN sudah melakukan serangkaian persiapan. Mereka juga membahas terkait rencana pemindahan pengungsi ke Kota Pekanbaru bersama Kemenkopolhukam RI.

Pihaknya juga koordinasi dengan IOM dan UNHCR. Tim PPLN juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum penempatan pengungsi di sekitar akomodasi.