Terlalu Lama di Pekanbaru, Ratusan Pengungsi Afghanistan Kembali Tuntut Kepastian

Pengungsi-Afghanistan.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ratusan pengungsi asal Afghanistan yang berada di Kota Pekanbaru kembali menggelar aksi unjuk rasa, Selasa (10/5/2022). Mereka mengawalinya dengan menggelar aksi long march.

Para pengungsi tersebut tampak berjalan beriringan dari arah Jalan Soekarno-Hatta. Kemudian jalan bersama itu berlanjut hingga ke Jalan HR Soebrantas.

Mereka kembali menggelar aksi di depan Kantor International Organization for Migration (IOM) Pekanbaru. Sementara, sejumlah personel kepolisian sudah disiagaakan di depan kantor tersebut.


Para pengungsi melakukan orasi sambil berjalan menuju kantor IOM. Mereka juga membawa spanduk berisikan tuntutan dalam aksinya yang ke sekian kali.

Mereka masih menuntut agar bisa ditempatkan ke negara ketiga karena sudah terlalu lama di Kota Pekanbaru. Seluruh pengungsi yang ikut dalam aksi menuntut agar lembaga terkait bisa memproses segera.

Diketahui, ada di antaranya sudah sepuluh tahun di Kota Pekanbaru setelah mengungsi akibat konflik di negaranya.

Mereka pun meminta kepastian untuk penempatan di negara ketiga seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Selandia Baru.