Pipa PDAM Tirta Siak Pecah karena IPAL, Jalanan Becek, Petugas Kelimpungan

genangan-air-di-jalan-cempaka.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pengendara mesti berhati-hati saat melintas di sekitar ruas Jalan Cempaka. Banyak genangan air akibat kondisi jalan tidak rata serta adanya kerusakan pipa PDAM Tirta Siak Pekanbaru.

 

Pipa milik perusahaan daerah kota itu rusak pasca galian Instalasi Perpipaan Air Limbah (IPAL) di kawasan tersebut. Genangan air pun muncul di persimpangan Jalan Cempaka-Jalan Teratai.

Proses galian IPAL di kawasan tersebut sudah tuntas. Namun, pecahnya pipa asbes mengakibatkan air terus mengalir hingga menggenangi ruas jalan.

 

"Untuk memperbaikinya ada alat sambungnya tidak jual di pasaran. Saat ini sedang proses pemesanan, itu kendalanya," jelas GM Teknik PDAM Tirta Siak Pekanbaru, Endrianto.

 

Menurutnya, proses pemulihan tergantung kesiapan dari alat sambung pipa tersebut. Ia menyebut bahwa perbaikan berlangsung sekitar dua hingga tiga hari ke depan.


 

"Mudah-mudahan alatnya sudah tersedia dalam satu dua hari ini," paparnya.

 

 

 

Endrianto mengatakan rekanan juga bertanggung jawab dampak galian terhadap pipa PDAM. Kerusakan pipa di Jalan Cempaka berdampak kepada ribuan pelanggan PDAM.

 

Pihaknya tidak mematikan aliran air agar pelanggan tetap mendapat pasokan air. Total ada 13.000 pelanggan PDAM Tirta Siak Pekanbaru terdata.