Masih di Negeri Firaun, Firdaus Mangkir Sampaikan LKPJ Sebagai Wali Kota

Piramida4.jpg
(Getty Images)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Keberangkatan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, bersama 6 pejabat teras Pemerintah Kota (Pemko) ke negeri Fir'aun, Mesir, berdampak terhadap penundaan Rapat Paripurna DPRD untuk kali kedua dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), Senin 4 April 2022.

Wali Kota Firdaus sejak pekan lalu sudah berada di Jakarta guna persiapan keberangkatan ke Negeri Fir'aun, Mesir. Padahal awal pekan lalu, sudah dilakukan agenda serupa oleh DPRD Pekanbaru, namun politisi Partai Demokrat tersebut juga tak hadir.

Firdaus dan 6 pejabat teras Pemko Pekanbaru berangkat Jumat dinihari 1 April 2022, pukul 00.40 WIB menumpang maskapai Emirates. Anggota DPRD Pekanbaru, Ruslan Tarigan, mengatakan bukan ditunda, melainkan dihentikan sementara waktu atau diskors.

"Bukan ditunda, diskors. Hari ini masih ditunggu," kata ungkal Ruslan Tarian, Senin 4 April 2022.

Ruslan menjelaskan, skors ini dilakukan karena Wali Kota Pekanbaru Firdaus, dan Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, sama sekali tidak menghadiri rapat paripurna tersebut.

Padahal di dalam aturan berlaku, LKPJ harus dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota atau satu di antaranya.

"Kalau keduanya nggak hadir terus diwakilkan, ya nggak bisa," ujarnya.

Ruslan menjelaskan, jika rapat LKPJ ini kembali ditunda, maka nantinya DPRD akan kembali melakukan rapat pimpinan untuk melakukan penjadwalan ulang.

Pekan lalu, 28 Maret 2022, Agenda Penyampaian Pidato Pengantar Walikota Pekanbaru Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kota Pekanbaru Akhir Tahun Anggaran 2021 juga telah diagendakan. Namun agenda akan dihadiri Firdaus batal terlaksana.


Dalam agenda paripurna ini, tidak hanya laporan LKPJ akan dibahas DPRD Kota Pekanbaru. Beberapa agenda juga termasuk dalam paripurna.

 

 

Di antaranya penyampaian 2 Ranperda Kota Pekanbaru, Pengumuman Pemberhentian Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS, digantikan dan mengangkat Muhammad Sabarudi sebagai Ketua DPRD Pekanbaru, sisa masa jabatan 2019-2024 dari Partai Keadilan Sejahtera.

Selain itu juga ada Pengumuman Pergantian Pimpinan Fraksi PKS dari Muhammad Sabarudi, ST kepada Yasser Hamidy, S.Pi.