Kelurahan Bengkalis Kota Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila

kampung-pancasila.jpg
(andrias)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kelurahan Bengkalis Kota, ditetap sebagai Kampung Pancasila pertama di Kabupaten Bengkalis, Riau. Kampung Pancasila diresmikan langsung Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto, Jumat 11 Maret 2022.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto menyebut Kelurahan Bengkalis Kota merupakan wilayah sangat majemuk yang terdiri dari berbagai macam agama, suku dan profesi. Namun, kehidupan masyarakatnya sangat rukun dan damai.

"Kriteria yang ada dan wilayah ini layak dijadikan sebagai Kampung Pancasila. Dan semoga dapat menjadi contoh bagi kelurahan dan desa lainya yang ada di Kabupaten Bengkalis," kata Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto.

Peresmian Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong di Jalan Pahlawan Kelurahan Bengkalis Kota, Kecamatan Bengkalis.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H menjelaskan pembentukan kampung Pancasila, bertujuan untuk meningkat kembali nilai nilai Pancasila dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.


"Negara kita ini dibangun dengan pondasi keragaman budaya, ras dan agama dan ini harus tetap dirawat agar NKRI tetap ada, karena suatau negara akan hancur apabila budaya dan sejarahnya hilang dari masyarakatnya," kata Dandim 0303 Bengkalis.

Idealnya lagi, dengan adanya Kampung Pancasila kerukunan dan toleransi di masyarakat akan terus meningkat dan terjaga.

Ditambahkan Orang nomor satu Kodim 0303/Bengkalis, kedepan kampung Pancasila ini akan diisi dengan berbagai kegiatan serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

"Tentunya dengan edukasi tersebut, paham radikal tidak akan bisa menggoyahkan Pancasila, ” tegasnya.

Sementara, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Kepala Bagian Kesbangpol Pemkab Bengkalis, Hermanto Baran mengapresiasi Dandim 0303 Bengkalis atas inisiasi diresmikan kampung Pancasila.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tentunya menyambut baik serta siap mendukung keberadaan Kampung Pancasila. Keberadaannya sangat bernilai strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multi cultur, multi etnik dan multi agama ini," ungkap Hermanto Baran.