Nasibnya Ditentukan Tim Lain, Tunisia Gugur walau Kalahkan Prancis 1-0

Timnas-Prancis5.jpg
(twitter@FIFAWorldCup)

RIAU ONLINE, DOHA-Nasibnya ditentukan tim lain, Tunisia gugur walau kalahkan Prancis 1-0Laga terakhir matchday ketiga Grup D Piala Dunia 2022 berakhir dramatis. Meski sukses membuat kejutan dengan mengalahkan Tim tanguh Prancis 1-0, Timnas Tunisia tetap gagal melangkah ke babak 16 besar.

Menit ke-58 menjadi petaka bagi Prancis, lantaran Gol tunggal Tunisia ke gawangnya pada laga di Stadion Education City, Qatar, Rabu (30/11/2022) malam WIB dicetak striker senior Wahbi Khazri.

Suara melaporkan Meski kemenangan Tunisia itu sendiri nyaris sirna ketika Antoine Griezmann mencetak gol super telat penyama kedudukan untuk Prancis di menit ke-90+8.

Sempat disahkan wasit, gol ini akhirnya dianulir pasca tinjauan VAR setelah Griezmann dianggap sudah berada di posisi offside beberapa detik sebelum gol terjadi.

Para suporter Tunisia kembali bersorak di penghujung laga setelah sempat terdiam, namun pada akhirnya mereka harus menerima kenyataan pahit negara tercinta gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Hal itu lantaran di laga Grup D lainnya yang dimainkan bersamaan malam ini, Australia menang tipis 1-0 atas Denmark. Padahal andai Australia imbang, Tunisia akan memastikan diri lolos ke fase gugur sebagai runner-up Grup D.


Prancis, yang menurunkan tim pelapisnya di laga malam itu lantaran memang telah mengamankan tiket 16 besar, pada akhirnya keluar sebagai juara Grup D dengan koleksi 6 poin dari tiga laga, unggul selisih gol atas Australia yang melenggang sebagai runner-up grup.


Tunisia sendiri akhirnya harus puas finis di peringkat ketiga dengan raihan poin 4. Tunisia diakui sudah tancap gas untuk segera mendapatkan gol. Mereka memang butuh menang dengan skor besar untuk membuka asa lolos ke fase gugur, sambil berharap di laga Grup D lainnya Australia bermain imbang dengan Denmark.

Serangan gencar dilancarkan Wahbi Khazri dan kawan-kawan, namun justru Prancis yang mendapatkan peluang bersih pertama pada menit ke-25. Sayang, sepakan kaki kiri Coman dari dalam kotak penalti Tunisia masih menyamping di sebelah kanan gawang kiper Aymen Dahmen.

Tunisia balik mengancam di menit ke-30. Sepakan keras Khazri dari luar kotak penalti, setelah memanfaatkan buruknya sapuan dari Raphael Varane, masih bisa diblok kiper pelapis Prancis Steve Mandanda.

Tunisia terus menyerang di sisa waktu babak pertama, namun skor 0-0 bertahan sampai jeda. Secara keseluruhan, Prancis memang lebih unggul dalam penguasaan bola di babak pertama. Akan tetapi, Tunisia jelas tampak lebih berbahaya setiap kali mereka melakukan serangan.

Dua tendangan tepat sasaran dicatatkan Tunisia di babak pertama, sementara 'tim kedua' Prancis sama sekali tak memiliki shot on target.

Masuk babak kedua, Tunisia masih tetap memegang kendali permainan. Upaya mereka mendapatkan gol pun menemui hasil pada menit ke-58. Adalah Wahbi Khazri yang mencatatkan namanya di papan skor.

Diawali kesalaan Youssouf Fofana di lini tengah, bola direbut Aissa Laidouni. Nama terakhir mengirimkan umpan terobosan yang diteruskan Khazri dengan sepakan ke tiang jauh gawang Mandanda. 1-0.

Tunisia sendiri akhirnya 'pecah telur' mencetak gol di Piala Dunia 2022 setelah sebelumnya majal hampir di empat jam pertandingan Grup D.

Ketinggalan 0-1, pelatih Prancis, Didier Deschamps akhirnya bereaksi dengan menurunkan attacker terbaiknya macam Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, hingga Antoine Griezmann. Di 15-20 menit terakhir, Prancis praktis mendominasi penuh laga. Mereka menyerang dari berbagai arah.

Prancis akhirnya bisa menyamakan skor di penghujung laga lewat Griezmann yang melepaskan sepakan voli di kotak penalti Tunisia usai terjadi kemelut, dengan bola melesat masuk ke gawang Dahmen dikutip dari suara.com

Namun uniknya, ketika laga sudah berakhir, wasit mendapat sinyal dari ruang VAR. Sang pengadil melihat monitor untuk melihat adanya pelanggaran sebelum gol. Gol lantas dibatalkan karena Griezmann sudah terjebak offside duluan.


Laga kemudian berlanjut lagi. Namun setelah sekira satu menit, pertandingan akhirnya benar-benar rampung seiring dengan tiupan peluit panjang dari wasit. Tunisia tetap menang 1-0