Esok, Bus TMP Kembali Beroperasi Setelah Mogok Lebih Dari Dua Pekan

tmp.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) rencanya kembali melayani masyarakat, Selasa 15 Februari 2022. Operasional bus TMP sempat terhenti selama dua pekan lebih.

"Untuk itu secepatnya bus TMP kembali beroperasi, kalau bisa Selasa besok sudah jalan. InsyaAllah tadi sudah kita laporkan kepada pak wali kota," terang Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Senin 14 Februari 2022.

Saat ini layanan bus TMP untuk sementara dikelola oleh UPT Pengelolaan Angkutan Perkotaan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

"Kita memastikan saat ini tidak ada permasalahan lagi, maka untuk sementara di masa peralihan ini bus TMP dikelola UPT," jelasnya.


Menurutnya, operasional bus ini terhenti sementara karena masuk masa transisi. Ada transisi pengelolaan dari PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) ke PT Trans Pekanbaru Mandiri (TPM).

Peralihan ini karena PT TPM sudah mandiri dan tidak lagi menjadi anak perusahaan PT SPP. Dinas Perhubungan pun menjadi penengah dalam peralihan ini.

Masalah lainnya yang membuat operasional bus TMP terhenti yakni permasalahan finansial. Yuliarso menyadari keuangan terbatas sehingga menjadi kendala operasional bus TMP.

Dirinya menyebut bahwa kondisi ini berdampak besar bagi pelayanan bus TMP selama dua pekan ini. Pemerintah kota berupaya agar bus TMP kembali melayani masyarakat.