Minim Jumlah Lansia di Pekanbaru Dapat Vaksin Booster, Ini Sebabnya!

Vaksinasi-lansia7.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jumlah lansia di Kota Pekanbaru yang mendapat suntikan booster atau vaksin dosis ketiga masih minim. Hingga awal Februari 2022, lansia yang mendapat suntikan vaksin baru 2.928 orang. 

 

Saat ini baru 5,55 persen lansia yang memperoleh suntikan vaksin booster. Kondisi ini karena banyak lansia yang masih belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin booster. 

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy tidak menampik hal itu. Ia menyebut bahwa ada sejumlah persyaratan bagi lansia untuk mendapat suntikan vaksin booster.

 

 

"Jadi, lansia yang bisa mendapat vaksin dosis ketiga tentu harus mendapatkan vaksin dosis kedua lebih dahulu. Jarak pemberian vaksin dosis kedua dan vaksin dosis ketiga adalah enam bulan," paparnya, Rabu 2 Februari 2022.

 

Sementara itu, capaian vaksinasi Covid-19 untuk lansia secara umum sudah 63,45 persen. Lansia yang sudah mendapat suntikan vaksin dosis pertama mencapai 33.478 orang. 


 

Masyarakat yang mendapat suntikan vaksin booster atau dosis ketiga terus bertambah. Mayoritas yang menerima vaksin booster berusia 18 tahun hingga 59 tahun. Ada 27.077 orang sudah mendapat suntikan dosis ketiga. 

 

 

Untuk capaian vaksinasi secara umum di Kota Pekanbaru sudah 108,82 persen. Ada 814.112 orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19.