Stok Hampir Habis, Dinkes Pekanbaru Menanti Tambahan Vaksin

Zaini-Rizaldy9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru nyaris kehabisan pasokan vaksin hari ini, Jumat 28 Januari 2022. Tim vaksinator hanya memanfaatkan dosis vaksin yang tersisa di seluruh puskesmas.

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru pun berupaya menambah pasokan vaksin. Kota Pekanbaru segera mendapat pasokan tambahan dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac sebanyak 32.000 dosis.

"Rencananya datang tambahan 32 ribu dosis, kalau tidak Sabtu ya Minggu baru sampai," terang Kadiskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Jumat siang.


Pihaknya berupaya agar vaksinasi anak tetap berjalan dengan memakai dosis vaksin yang masih ada di 21 puskemas. Saat ini jumlahnya terbatas sehingga mereka sangat menanti kedatangan dosis vaksin tambahan.

"Dalam dua hari ini pasokan tambahan vaksin bakal datang, saat ini infonya masih di perjalanan," jelas Zaini.

Kebutuhan vaksin dosis pertama untuk vaksinasi anak di Kota Pekanbaru mencapai 61.592 dosis. Mereka adalah anak-anak usia 6-11 tahun yang belum mendapat suntik vaksin sama sekali.

Zaini menyebut, tim juga menggunakan vaksin jenis Pfizer yang tersisa untuk vaksinasi booster atau dosis ketiga. Ada 24.230 orang yang sudah mendapat suntikan vaksin booster.