Mall Vaksinasi dan Imunisasi Pertama di Indonesia Berdiri di Provinsi Riau

Syamsuar-resmikan-Mal-Vaksinasi.jpg
(Tika Ayu/RIAUONLINE.CO.ID)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau membuka Mall Vaksinasi pertama di Indonesia. Mall Vaksinasi di Jalan Melur, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, diresmikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis, 11 Agustus 2022.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Zainal Arifin, mengatakan belum ada provinsi di Indonesia yang membuka Mall Vaksinasi.

"Mall vaksinasi pertama, berdasarkan Sesditjen, di Indonesia belum ada provinsi yang membuka. Dirinya menyatakan kami siap melayani 12 jam 7 hari dalam seminggu, ini adalah satu-satunya dalam di Indonesia mudah-mudahan ini bisa memberi manfaat  untuk masyarakat Riau," katanya.

Zainal berharap Mall Vaksinasi dapat mempercepat penanganan COVID-19 melalui vaksinasi dan memberi manfaat masyarakat Riau.

 


 

Menariknya, sentralisasi vaksin yang diinisiasi Diskes Riau ini tidak hanya melayani vaksin COVID-19, namun juga melayani imunisasi.

"Jenis imunisasi yang bisa didapatkan adalah semua jenis vaksin yang ada seperti, BCG,  DPT Polio, DPT- HB-Hib, campak, rubella, dan lain sebagainya," sebut Zainal. 

Mal Vaksinasi ini dibangun, kata Zainal, lantaran tingginya antusias masyarakat Riau di Rumah Vaksin, di Kantor Dinas Kesehatan untuk mendapatkan vaksinasi  COVID-19. 

"Di beberapa waktu yang lalu terdapat lebih kurang 500-600 kunjungan setiap hari," ujarnya.