Hampir Seribu Anak di Pekanbaru Telah Menerima Vaksin Dosis Pertama

seribu-anak.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anak-anak berusia 6-11 tahun di Pekanbaru menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Mereka telah mendapatkan vaksin sejak pekan lalu.

Jumlah anak di Kota Pekanbaru yang sudah suntik vaksin mencapai 9.266 orang. Sebanyak 7.528 orang anak di Kota Pekanbaru mengikuti vaksinasi massal serentak, Rabu 12 Januari 2022.

"Anak-anak tersebut menjalani vaksinasi di 17 lokasi secara serentak. Vaksinasi yang diberikan kepada anak itu gratis dan relatif aman," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Kamis 13 Desember 2022.

Ada 93.751 orang anak yang belum mendapat suntikan vaksin dari jumlah total 103.017 anak. Jumlah itu tidak sebanding dengan pasokan vaksin yang tersisa sekitar 2.000 lebih dosis.


Kondisi tersebut memubuat pemberian vaksin Covid-19 bagi anak-anak menjadi terkendala. Pemerintah kota pun mengusulkan tambahan vaksin Covid-19 bagi anak-anak.

"Kita sedang mengusulkan tambahan vaksin ke Kementrian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan provinsi," terangnya.

Zaini mengatakan, secara keseluruhan untuk vaksinasi bagi anak-anak, Kota Pekanbaru butuh 206.034 dosis vaksin jenis Sinovac. Kebutuhan ini mencakup dosis pertama dan dosis kedua.

Zaini berharap anak-anak nantinya bisa segera mengikuti vaksinasi. Ia mengatakan, anak-anak harus ikut vaksin karena termasuk kelompok rentan. Pihaknya juga menyebarkan surat pernyataan bagi orangtua sebelum anaknya divaksin.

"Kita pastikan saat ini tidak ada anak-anak yang mengalami efek samping pasca vaksin, kita berharap tidak ada," ujarnya.