Gedung Baru MPP Pekanbaru Mulai Beroperasi Januari 2022

MPP-Pekanbaru7.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Gedung baru di areal Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru segera beroperasi pada awal tahun tahun ini. Pembangunan gedung C di areal MPP itu sudah tuntas sejak akhir tahun 2021.

 

Gedung itu awalnya merupakan kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru. Keberadaan gedung baru ini juga menambah kapasitas dua gedung yang berfungsi sebagai MPP dan Layanan Dukcapil Pekanbaru.

 

"Kalau untuk soft opening atau tahap awal operasionalnya, bakal kita mulai pada Januari ini," terang Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, F Rudi Misdian.

 

 

Dijelaskannya, pembukaan baru di areal MPP ini bertepatan dengan momen HUT MPP Pekanbaru pada Maret 2022 mendatang. Ia mengklaim bahwa sarana dan fasilitas pendukung di gedung baru itu sudah siap.

 

"Saat ini sedang proses penempatan untuk instansi yang bakal menempati gedung baru itu. Ada tiga instansi yang bakal menempati gerai di gedung baru tersebut," terangnya.

 

Ketiga instansi tersebut yakni Polda Riau, Polresta Pekanbaru, Imigrasi Pekanbaru dan Kanwil Kementerian Agama Pekanbaru. Ada kemungkinan juga sejumlah instansi lain bakal menempati gedung baru tersebut.


 

"Jadi selama ini ketiga instansi tersebut sudah membuka layanan, maka layanannya bakal pindah ke gedung baru semua. Sedangkan gerai lama mereka bakal ditempati instalasi lain," jelasnya.

 

Mereka juga menyiapkan sarana pendukung agar awal tahun depan bisa beroperasi langsung. Layanan di gedung baru nantinya prioritas untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) Polresta Pekanbaru dan pengurusan paspor oleh Imigrasi Pekanbaru. 

 

Ada juga layanan balai nikah sehingga proses pernikahan bisa berlangsung di MPP Pekanbaru. Total sebanyak 35 instansi bergabung di gerai MPP.

 

 

 

Sejumlah instansi juga hendak bergabung untuk membuka layana di MPP. Satu instansi baru yang bergabung yakni Pengadilan Agama Pekanbaru. 

 

Total saat ini secara keseluruhan ada 243 layanan perizinan dan non perizinan di MPP. MPP Pekanbaru sudah beroperasi sejak tahun 2019 lalu.