Ruas Jalan Pekanbaru Gelap, Dishub Pasrah: Kita Keterbatasan Anggaran

PJU-Padam2.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso menyebut, dirinya banyak menerima laporan terkait ruas jalanan di Kota Pekanbaru masih gelap.

Kondisi ini karena penerangan jalan umum (PJU) di beberapa titik Kota Pekanbaru tidak menyala. Akibatnya, jalanan menjadi gelap dan rawan tindak kejahatan.

Lampu jalan yang tidak menyala di antaranya, Jalan Parit Indah, Jalan Srikandi, dan Jalan Sudirman setelah Jembatan Siak IV Pekanbaru.


 

Yuliarso mengatakan bahwa saat ini Dishub mengalami keterbatasan anggaran. "Memang banyak laporan ke kita, bahwa jalanan gelap dikhawatirkan akan terjadi tindak kriminal. Tetapi kita masih keterbatasan anggaran," jelasnya.

Menurutnya, masalah penerangan ini ada tiga kewenangan. Ada kewenangan Pemko Pekanbaru, Provinsi Riau hingga Pemerintah Pusat. Ia menilai saat ini Pemko Pekanbaru masih bekerja sendiri untuk memperbaiki PJU tersebut.

 "Jalan ini kan terbagi tiga (kewenangan, ada Pemko, Pemprov, dan Pusat. Jalan lingkungan memang kewenangan Dishub Pekanbaru, tapi saat ini kita masih urus sendiri," ungkapnya.

Ia juga berharap ada support dari pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat.