Diterpa Isu Miring, Perusahaan Kebersihan Gedung DPRD Riau Beri Penjelasan

petugas-kebersihan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengawas Kebersihan PT Berkah Ridho Ilahi yang bertugas di DPRD Riau, Zarfius menegaskan tenaga kebersihan di DPRD Riau berjumlah 61 orang.

Zarfius menampik isu yang mengatakan petugas kebersihan di DPRD hanya berjumlah belasan orang dan dilakukan Mark up anggarannya.

"Kita Croschek di lapangan, jumlahnya cukup. Ada 61 orang termasuk admin, pengawas. Ada yang bekerja di rumah dinas ketua dan wakil ketua," kata Zarfius, Senin, 25 Oktober 2021.

Zarfius menjelaskan, 61 orang tersebut terdiri dari satu orang Manager Operasional, satu orang Tenaga Administrasi, satu orang Tenaga Pengawas Gedung, satu orang Tenaga Operator Mesin dan Penata Ruang dan Kebersihan, satu orang Tenaga Skill K3 Umum, Tenaga Skill Pengawas Taman/Gardener dan 55 orang Tenaga House Man/Tenaga Taman.

Ia pun menegaskan tenaga kebersihan bekerja setiap hari, namun jam kerjanya fleksibel sesuai kebutuhan.


"Jam kerjanya sesuai kebutuhan, karena kita bukan industri. Misalnya empat jam kerja mereka istirahat lalu lanjut kerja lagi. Setiap hari turun kecuali jadwal off, sakit, atau izin," jelasnya.

Terkait adanya pemberitaan yang menyebut jumlah tenaga kebersihan hanya sepuluh orang, Zarfius menyebut ada kesalahpahaman. Jumlah tenaga kebersihan yang disebut hanyalah jumlah tenaga kebersihan yang dibantu lewat dana kolektif Jumat berkah.

"Sepuluh itu bantuan Jumat berkah, cukup bantuannya hanya untuk itu, bukan totalnya. Nanti kita kumpulkan lagi semoga bisa bantu sepuluh lagi," tutup Zarfius.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum DPRD Riau, Erick Oktavianda mengatakan, setelah di croschek, lengkap dan tidak ada yang melanggar.

"Kami dalam hal pengawasan saja, Sekali sebulan kita lakukan apel pagi untik meng-croschek," tegasnya.