Buruan ke Faskes, Diskes Sudah Terima Vaksin dari Pemerintah Pusat

Vaksin-Moderna.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/RAMADHI DWI PUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat tidak perlu bingung lagi terkait ketersediaan vaksin di layanan kesehatan. Ada sejumlah jenis vaksin yang tersedia di layanan kesehatan yakni sinovac, moderna, coronavac dan astrazeneca.

 

Kota Pekanbaru mendapat tambahan pasokan vaksin Covid-19 sebanyak 8.232 vial. Ada dua jenis vaksin yang diterima yakni Astrazeneca dan Coronavac. Masyarakat sudah bisa mengakses vaksin di rumah sakit atau puskesmas terdekat.

 

Pasokan vaksin ini diperoleh dari pemerintah pusat. Astrazeneca sebanyak 432 vial. Vaksin ini cukup untuk 3.456 dosis. Sedangkan vaksin jenis Coronavac sebanyak 7.800 vial dan cukup untuk 15.600 dosis. 

 

Total pasokan vaksin yang tersedia mencapai 19.056 dosis. Dosis vaksin yang ada sudah disalurkan ke seluruh layanan kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas. 

 

"Jadi masyarakat sudah bisa mengakses layanan vaksin, karena pasokan dosis tambahan sudah disalurkan," terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra.

 


Arnaldo memahami bahwa dosis vaksin yang tersedia di layanan kesehatan masih terbatas. Rata-rata layanan kesehatan hanya mendapat pasokan vaksin sebanyak 13 vial. 

 

 

 

 

 

 

 

 

"Jadi masyarakat sudah bisa mendapat suntikan vaksin dosis pertama atau dosis kedua," paparnya.

 

Dirinya menyempaikan, pemerintah pusat berjanji bahwa vaksin bakal datang secara rutin setiap pekan. Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru hanya bisa menanti realisasi dari pemerintah pusat terkait tambahan pasokan vaksin.

 

Arnaldo menyebut rata-rata pasokan vaksin moderna dan sinovac di rumah sakit atau puskesmas sudah habis saat ini. Mereka hanya mendapat pasokan sekitar 10 vial untuk satu layanan kesehatan.