Wako Firdaus Belum Terima Booster, Arnaldo: Moderna Untuk Masyarakat Belum Divaksin

Arnaldo-Eka-Putra4.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Vaksin Moderna datang awal Agustus di Indonesia. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru merinci, ada 1.183 vial vaksin jenis moderna yang mesti disuntikkan segera. Vaksin ini cukup untuk 16.562 dosis.

Sejumlah nakes dan tokoh publik di beberapa daerah sudah mendapatkan booster Moderna. Sementara orang nomor satu di Kota Pekanbaru, Firdaus belum memperoleh suntikan ketiga sebagai booster.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra menegaskan, vaksin jenis moderna khusus bagi masyarakat yang sama sekali belum pernah suntik vaksin Covid-19.

Surat Edaran SR 02.06.II/2025/2021 poin ketiga disebutkan bahwa vaksin Covid-19 Moderna diberikan kepada peserta yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19. Masyarakat bisa mendapat suntikan vaksin jenis moderna di rumah sakit atau puskemas.


Ia menyebut bahwa pihaknya sudah menyalurkan pasokan vaksin ke seluruh layanan kesehatan termasuk puskesmas. Ada dosis pertama dan dosis kedua vaksin jenis moderna.

Satu fasilitas kesehatan baik rumah sakit atau puskesmas mendapat pasokan 10 vial vaksin dosis pertama dan 10 vial dosis kedua. Dinas bakal menambah pasokan di puskesmas bila ada kekurangan.

"Jadi bisa untuk 140 dosis, kalau kurang nanti bakal ditambah lagi," jelasnya.

Arnaldo menyebut, masyarakat bisa mengakses layanan vaksinasi Covid-19 di puskesmas. Masyarakat bisa mendapat suntikan vaksin di puskesmas wilayahnya.

"Kita segera menyalurkan vaksin begitu ada tambahan pasokan vaksin. Mereka yang mendapat suntik vaksin adalah masyarakat di wilayah puskesmas itu," paparnya.