Tak Ambil Pusing, Wali Kota Copot Camat Anak Duta Besar

Camat-ilustrasi.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, MEDAN-Bobby Nasution mencopot sementara Muhammad Yasir Rizka dari jabatan Camat Medan Maimun. Usut punya usut, Yasir merupakan anak dari Dubes RI di Maroko, Hasrul Azwar.

Kendati demikian, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu enggan ambil pusing meski Yasir merupakan anak dubes. Bobby menyebut pencopotan itu dilakukan secara profesional.

"Statusnya sekarang masih kita berhentikan sementara, belum ada perubahan status karena memang kebutuhannya saya sampaikan kemarin untuk pemeriksaan di Inspektorat. Saya tanya kemarin Inspektorat belum keluar hasilnya. Jadi, sebelum keluar hasilnya, masih dalam tahap pemeriksaan. Statusnya masih sama," kata Wali Kota Bobby di kantor Wali Kota Medan, kemarin.

Bobby mengatakan penilaian kinerja di Pemko Medan tidak melihat siapa orang tua pejabat tersebut. Penilaian kerja, tegasnya, dilandaskan pada kinerja.

"Beginilah, kinerja kita semua ada landasannya. Kita kerja ini ada landasannya. Ada patokannya, ada penilaian kerjanya. Saya rasa ya penilaian kerja itu kan nggak masuk ya siapa orang tuanya, siapa keluarganya. Jadi yang kita lihat landasannya, hanya landasan kerjanya saja," sebut Bobby.


Bobby menjelaskan, proses pencopotan sementara Yasir telah dilakukan secara profesional. Dia mengatakan pencopotan sementara dilakukan untuk kebaikan warga.

"Profesional lah. Mudah-mudahan ini kan demi kebaikan semua. Bukan hanya demi kebaikan Pemko Medan, tapi juga demi kebaikan masyarakat Kota Medan keseluruhan," ucap Bobb dikutip dari detik.com

Lebih lanjut, Bobby belum menjelaskan detail kasus yang membuat Yasir dicopot sementara. Dia mengaku belum mendapat penjelasan detail dari Inspektorat.

Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Yasir dicopot sementara untuk diperiksa terkait dugaan penyalahgunaan wewenang.

Penyalahgunaan wewenang itu diduga terkait pungutan liar (pungli). Pemeriksaan masih dilakukan oleh Inspektorat Pemko Medan.

"Inilah saya belum dapat dari Inspektorat hasilnya apa ini. Apakah nanti kita bilang asumsi, nanti kalau kita bilang seperti itu, ini hanya asumsi. Kalau hasil sudah keluar, nanti mudah-mudahan kita informasikan lebih lanjut," ucap Bobby.