Pemko Luncurkan Bus Vaksinasi, Zulkarnain Minta Warga Jangan Merasa Dipaksa

Bus-Vaksinasi-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Hari ini, Kamis, 27 Mei 2021, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru luncurkan bus untuk mendukung proses vaksinasi keliling. 

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Zulkarnain mengatakan, pihaknya menegaskan, dalam pelaksanaan bus vaksinasi ini, jangan sampai ada masyarakat yang merasa diintimidasi.

 

"Jangan ada intimidasi atau pemaksaan, tetapi harus memberikan pemahaman kepada masyarakat," katanya. 

 

Lebih lanjut, Zulkarnain juga mengatakan, tidak hanya memberikan pemahaman kepada calon peserta vaksinasi saja, melainkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 harus memberikan sosialisasi kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di wilyah tempat pelaksanaan vaksin tersebut. 

 


"Jika tim Satgas mengunjungi peserta vaksin dari rumah ke rumah secara terus menerus, ini akan memakan banyak waktu dan juga biaya yang tidak sedikit," jelasnya. 

 


"Jika ingin sosialisasi baik dan matang maka libatkan organisasi pemerintah hingga tingkat bawah, sehingga akan maksimal dan lebih cepat memutus mata rantai penyeberangan Covid-19," lanjutnya. 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut masyarakat lanjut usia atau lansia menjadi prioritas dalam vaksinasi. Apalagi lansia yang terpapar Covid-19 cukup banyak.

 

Firdaus menilai angka lansia yang mendapat vaksin masih rendah. Ia mengajak masyarakat lansia untuk segera mendapat suntikan vaksin Covid-19.

 

Ia mengingatkan Satgas kelurahan dan kecamatan mendorong lansia agar bisa ikut vaksin. Apalagi layanan vaksin bagi lansia juga diutamakan.

 

"Mereka bisa mengajak lansia untuk segera disuntik vaksin," terangnya usai meninjau vaksinasi di Gereja  HKBP, Jalan Hangtuah, Kota Pekanbaru, Selasa 25 Mei 2021.