Sambut 27 Ramadan, Warga Rumbai Gelar Festival Unik Bernama "Lampu Colok"

Festival-Lampu-Colok3.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dalam menyambut malam ke-27 Ramadan 1442 Hijriah, warga di jalan Teluk Leok, Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru membuat event kreatif.

 

Event kreatif tersebut diberi nama Festival 'Lampu Colok' yang digelar perdana di lokasi tersebut.

 

Festival Lampu Colok ini perdana dilakukan di Jalan Teluk Leok Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir/DEFRI CANDRA /Riau Online

 

Kalau di Sumatera Barat Lampu Colok bisa dinamakan juga dengan 'Lampu Togok'. Terbuat dari botol kosong minuman energi yang diberi sumbu kompor dan minyak tanah.

 

Selanjutnya, lampu colok ini diberi kawat pada bagian kepala botol dan dikaitkan pada kawat yang telah tersedia untuk membentuk sebuah lafadz Allah serta miniatur Ka'bah dan kubah Masjid.


 

 

Festival Lampu Colok ini perdana dilakukan di Jalan Teluk Leok Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir/DEFRI CANDRA /Riau Online


 

Hal ini diperlombakan pada masing-masing RT di Kelurahan Limbungan, mulai dari RT 01-05 serta Pemuda dan Remaja Masjid Baitul Hamdi.

 

"Untuk Festival Lampu Colok ini baru pertama kali kita adakan dan ini akan berlanjut ke depan dengan skala yang lebih besar," ucap Ketua Pelaksana Alif Alfi Nanda, Sabtu, 8 Mei 2021.

 

 

 

Festival Lampu Colok ini diikuti oleh 7 peserta, pesrta dari RT 1-5 serta Pemuda dan Remaja Masjid setempat.

 

"Festival Lampu Colok ini diikuti 7 peserta dengan total lampu colok mencapai 1.000-1.500 botol," tambahnya.

 

Adapun yang menjadi tema Lampu Colok ini yakni nuansa Islam dengan miniatur Ka'bah, kubah masjid serta lafadz Allah.

 

 

 

"Kegiatan ini berlangsung dari malam 27 Ramadan hingga malam takbiran nanti," pungkasnya.