Bukan Politikus Murni, Begini Visi Misinya Paisal-Amris Membangun Dumai

paisal-amris.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pasangan Walikota-Wakil Walikota Dumai cukup unik. Keduanya tak memiliki latar belakang politikus murni.

Paisal merupakan mantan ASN khususnya di bidang kesehatan masyarakat dan Amris merupakan Purnawirawan Tentara Nasional Indonesia.

Meski demikian, visi dan misi mereka ternyata tak banyak menyangkut soal latar belakang yang mereka kuasai tersebut.

Diketahui Paisal-Amris memiliki visi Mewujudkan kota Dumai sebagai pelabuhan industri yang unggul dan bertumbuh di budaya Melayu.


Sementara untuk mewujudkan visi tersebut, sejumlah misi yang mereka bawa yakni pertama, mengembangkan perekonomian yang bertumpu pada sektor pelabuhan industri. Kedua, mewujudkan SDM yang berkualitas dan berjati diri budaya Melayu.

Selanjutnya Ketiga dan keempat yakni mewujudkan teknologi dan infrastruktur wilayah yang berkualitas dan meningkatkan kualitas Pemerintah Daerah yang baik.

Terkait visi-misinya ini, Paisal Amris pada masa debat kandidat lalu sempat ditantang bagaimana mewujudkannya sementara PAD Dumai termasuk kecil dan sudah habis untuk belanja pemerintah.

Meski bukan seorang ekonom, Paisal menyebut manajemen anggaran Pemko Dumai masih belum tepat. Kala itu, Paisal menyebut akan melakukan efisiensi pada pendanaan terutama biaya perjalan dinas yang memakan anggaran sangat besar.

"Kedepan kita harus melakukan efisiensi terhadap anggaran yang tidak terlalu penting. Salah satunya perjalanan dinas yang mencapai 70 miliar. Selain itu kita juga akan maksimalkan dana CSR untuk meningkatkan kesejahteraan guru honor," ujar H Paisal kala itu.