Sumbang 40 Persen, Gubri Syamsuar Sebut Ekspor CPO Riau Terbesar se Indonesia

webinar-amsi.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kekayaan sumber daya alam di Riau masih menjadi primadona. Sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan serta pertambangan berkontribusi besar terhadap perekonomian di Indonesia.

Kontribusi Riau terhadap perekonomian nasional pada sektor-sektor tersebut cukup signifikan. Sektor perkebunan misalnya, Riau memiliki perkebunan sawit, kelapa, karet dan sagu yang cukup luas.

"Bahkan untuk perkebunan sawit di Riau luasnya mencapai 2,89 juta hektare dengan jumlah produksi mencapai 9 juta ton lebih dan kita menjadi yang terbesar se Indonesia. Sedangkan untuk CPO kontribusinya mencapai 40 persen terhadap nasional. Eskpor CPO kita yang terbesar se Indonesia," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat membuka Webinar yang digagas oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (Amsi) Provinsi Riau dengan tema merayu APBN untuk infrastruktur yang lebih baik, Selasa 11 Agustus 2020.

Tidak hanya kelapa sawit yang menjadi penyumbang terbesar se Indonesia dari Provinsi Riau. Produksi kelapa di Riau juga menjadi penyumbang terbesar di Indonesia. Yakni sebanyak 391 ribu ton dengan luas perkebunan kelapa mencapai 422 ribu hektare.


"Pekebeunan sagu di Riau juga termasuk yang terbesar secara nasional. Yakni sebanyak 369 ton per tahun dengan luas perkebunan sagu di Riau mencapai 73 ribu hektare," ujarnya.

Sedangkan untuk hasil perkebunan karet di Riau juga cukup tinggi secara nasional, yakni mencapai 331 ribu ton per tahun. Meski tidak berada diurutan pertama seperti kelapa sawit, kelapa dan sagu, namun produksi karet di Riau masuk lima besar secara nasional.

"Untuk hasil perkebunan sawit Riau berada diurutan kelima dibawah, Sumsel, Sumut, Kalbar dan Jambi," kata Gubri Syamsuar

Pada kesempatan ini Gubri Syamsuar menyambut baik kegiatan webinar yang difasilitasi oleh Amsi Riau ini. Sebab ditengah Pandemi Covid-19, pembangunan di Riau harus tetap berjalan. Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan meski dalam Pandemi Covid-19

"Kami menyambut baik inisiasi Amsi Riau yang melakukan kegiatan yang bermakna dalam rangka HUT ke 63 Provinsi Riau. Meski saat ini kita sedang dihadapkan dengan Pandemi Covid-19, itu tidak mengurangi perjuangan kita untuk membangun Riau menjadi lebih baik," katanya. (*)