Menjabat 18 Hari, Wagub Wan Thamrin Tambah Pasang 1 Ring Jantung

Gubernur-dan-Wakil-Gubernur-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Serangan jantung yang dialami Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, berselang 18 hari usai ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Jumat, 12 Mei 2017, di Istana Negara. 

Wagub Wan Thamrin Hasyim Selasa dinihari, 30 Mei 2017, dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bros, Sudirman, Pekanbaru, dengan keluhan nyeri di dada. Ia masuk ruangan kateririsasi jantung dan angiografi (Cath Lab) pukul 05.40 WIB. Tak lama kemudian dilakukan pemasangan ring (stent) dan selesai pemasangan dengan bius lokal pukul 06.50 WIB. 

Informasi diperoleh RIAUONLINE.CO.ID, selama sepekan ini, sebelum kena serangan jantung, harus begadang hingga dinihari karena ada aduit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dengan pemasangan 1 ring tersebut, maka kini di jantungnya ada tiga ring terpasang. Dua ring sebelumnya dipasang pada sebuah rumah sakit di Melaka, Malaysia. 

Baca Juga: Hari Ini, Pukul 15.30 WIB, Jokowi Lantik Wan Thamrin Sebagai Wagub Riau

Adanya pemeriksaan atau audit dari BPK ini kemudian diakui oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman. "Beberapa hari terakhir kita memang fokus pemeriksaan BPK. Perlu diskusi dan rapat-rapat untuk menyelesaikan. Beliau ini (Wagubri) sangat aktif sekali, mungkin kecapekan karena itu," kata Andi Rachman, sapaannya, dilansir dari GoRiau.com, Kamis, 1 Juni 2017, usai upacara Peringatan Hari Pancasila di Halaman Kantor Gubernur Riau. 

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, melalui Kepala Bagian Humas, Erisman Yahya, membantah Wagub Wan Thamrin Hasyim terkena serangan jantung dan dipasang ring 1 di jantungnya. Bantahan tersebut terkait berita yang dimuat RIAUONLINE.CO.ID, berjudul Wagub Riau, Wan Thamrin Hasyim Serangan Jantung, Pasang Ring Di Awal Bros, Selasa, 30 Mei 2017 silam, dengan menyebutkannya hoax dan mencari sensasi belaka. 

Namun kemudian, bantahan tersebut ternyata betul adanya, sesuai fakta. Wartawan RIAUONLINE.CO.ID, esok harinya, Rabu, 31 Mei 2017, menanti kehadiran Wagub Wan Thamrin di luar ruangan ICU RS Awal Bros, sejak pagi. 


Wagub Wan Thamrin Serangan Jantung

WAKIL Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, saat dibawa keluar dari ruangan ICU Rumah Sakit Awal Bros menuju kamar perawatan di lantai 5, Rabu, 31 Mei 2017, pukul 09.30 WIB.

"Pas Wagub dipindahkan dari ruang ICU ke kamar perawatan di lantai V, Alhamdulillah, saya berhasil mengambil foto beliau sambil melambaikan tangan, saat dibawa masuk ke dalam lift," kata Azhar Saputra, wartawan RIAUONLINE.CO.ID, ditugaskan meliput sakitnya serangan jantung Wagub tersebut. 

Klik Juga: Membaik, Wagub Wan Thamrin Tersenyum Dan Lambaikan Tangan Saat Dibawa Ke Kamar

Pemindahan Wagub tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Tak ayal, foto dan berita sakitnya Wan Thamrin Hasyim, pascaterbit, membantah tudingan disampaikan Pemprov Riau melalui Kabag Humas Erisman Yahya, mengatakan berita sakitnya Wagub adalah hoax. 

"Kami selaku Kabag Humas mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami tidak punya maksud lain, kecuali ingin memberikan informasi benar dan objektif kepada masyarakat. Karifikasi ini kami buat, semoga Bapak Wagubri tetap dalam lindungan Allah SWT, begitu juga kita semua. Amin Ya Rabbal'alamin...," tulis Erisman mengakui kesalahannya. 

Sebelumnya, Erisman mengirimkan bantahan melalui pesan Whatsapp ke beberapa wartawan dan grup Whatsapp. Berikut isi bantahannya. 

Berita Wagub Serangan Jantung Hoax

Informasi yang beredar bahkan sudah dilansir oleh beberapa media online bahwa Wakil Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim mengalami serangan jantung dan sempat dirawat di RS Awal Bross, Pekanbaru, tidak benar. Info hoax yang tak seharusnya diberitakan.
Media terutama online harusnya lebih selektif dan tidak hanya mengejar sensasi dalam memuat suatu berita. 
Masyarakat terzalimi dengan info hoax itu. Hanya mencari sensasi tanpa mempertimbangkan perasaan pihak yang diberitakan. Harusnya kita sudah lebih cerdas.
Saat ini Wagubri dalam keadaan sehat walafiat. Wagubri bahkan sangat terkejut mendengar info hoax itu.

Kabag Humas Pemprov Riau

Erisman Yahya

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline