Dishub Riau Minta Pemko Pekanbaru Bangun Wisata Air di Bantaran Sungai Siak

Bangau-di-Tepian-Sungai-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SAAN)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau meminta Pemko Pekanbaru membangun destinasi wisata di sepanjang bantaran Sungai Siak untuk menarik masyarakat Pekanbaru menggunakan dan menikmati wisata bus air yang kini hanya mangkrak di Pelabuhan Sei Duku.

 

Hal ini dinilai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Rahmad Rahim sebagai satu-satunya upaya yang bisa dilakukan untuk menarik wisatawan maupun dari masyarakat untuk menggunakan wisata baru, bus air.

 

Pemerintah Kota Pekanbaru bisa melakukan sigeritas dengan Pemerintah Provinsi Riau dan pihak swasta untuk membuat even, dalam rangka ketertarikan pengunjung menuju Okura.

 

"Persoalan anggaran bisa saja dilakukan subsidi oleh pemerintah. Tapi persoalannya tidak ada ketertarikan masyarakat untuk melakukan perjalan dengan menggunakan bus air. Itu yang harus dicari solusi untuk mengatasinya," kata Rahmad, Kamis (12/5/2016).

BACA JUGA: Pengelolaan Bus Air Mangkrak, Dishub Kritik Pemko Pekanbaru


 

Pemerintah Kota Pekanbaru menurut Rahmad bisa melakukan sigeritas dengan Pemerintah Provinsi Riau dan pihak swasta untuk membuat event, dalam rangka ketertarikan pengunjung menuju Okura.

 

"Caranya bisa dengan cara membangun destinasi wisata air disepanjang Sungai Siak. Atau dengan membangun restoran apung atau wahana air. Langkah-langkah seperti ini bisa dilakukan dengan berintegrasi dengan Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru," urainya.

 

Destinasi wisata bus air yang akan dilalui selama perjalanan wisata, harus dipikirkan dari sekarang. Jika tidak, Rahmad menduga tak ada perubahan apapun pada kondisi bus air yang mangkrak kini.

 

"Ada tujuan masyarakat untuk mengunjungi tempat itu. Itulah yang harus dipikirkan sekarang, apa hal penting yang bisa dilakukan pemerintah," pungkas Rahmad.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline