Putra Osama bin Laden Desak Jihadis Suriah Bersatu Bebaskan Palestina

Putra-Osama.jpg
(AFP)

 

RIAU ONLINE - Putra mantan pemimpin tertinggi Al Qaeda, Osama bin Laden, Hamzah bin Laden mendesak jihadis Suriah untuk bersatu membebaskan Palestina.

 

Pesan yang dikeluarkan melalui audio ini muncul beberapa hari setelah pemimpin tertinggi Al Qaeda Ayman al-Zawahiri meminta kelompok-kelompok jihad di Suriah bersatu.

 

"Umat Islam harus fokus pada jihan di al-Sham (Suriah) dan menyatukan barisan mujahidin di sana. Tidak ada lagi alasan bagi mereka yang bersikeras dengan perpecahan dan perselihan karena sekarang seluruh dunia telah bergerak melawan umat Islam," kata Hamza dalam pesan audio yang diunggah di internet, seperti dirilis The Guardian, Senin (9/5/2016).

BACA JUGA: CIA Tegaskan Arab Saudi tak Terlibat Osama dan 11 September 2001

 

Pesan yang dirilis usai Zawahiri, Sabtu (7/5/2016) lalu, menyerukan para jihadis di Suriah untuk bersatu. Namun, seruannya mendapat penolakan dari kelompok ISIS yang telah memproklamirkan dirinya sebagai Khalifah.

 


"Persatuan hari ini adalah masalah hidup dan mati," kata Zawahiri dalam pesan audionya yang diposting online pada hari Sabtu.

KLIK JUGA: Tujuh Hal Tentang Pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden

 

Front Al Nusra, sayap Al Qaeda di Suriah, adalah saingan utama ISIS. Awalnya, kelompok ISIS juga merupakan sayap Al Qaeda yang dipimpin Abu Bakar al-Baghdadi. Namun, pada 2014 ISIS menyatakan khalifah Islam di seluruh wilayah yang dikuasainya di Irak dan Suriah.

 

 

Putra Osama bin Laden mengatakan Suriah adalah 'medan perang terbaik' yang mengarah pada pembebasab al-Quds, nama Arab untuk Yerussalem.

LIHAT JUGA: Osama bin Laden Mengklaim Tinggalkan Harta Rp 386 Miliar untuk Jihad

 

"Jalan menuju pembebasan Palestina saat ini jauh lebih pendek dibandingkan dengan sebelum revolusi Suriah," kata Hamzah.

 

 

Menurut para pejabat intelijen AS, Hamza adalah anak kesayangan Osama bin Laden, saat serangan bom nine eleven, 11 September 2001 di AS. Tampaknya, Hamza memang dipersiapkan untuk mengambil alih kepemimpinan Al Qaeda.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline