Miris, Kelompok Muslim Minoritas Ini Terusir dari Negaranya Sendiri

Doa-Muslim-buat-Korban-Penembakan.jpg
(REUTERS)

RIAU ONLINE - Hingga tahun 2016, jumlah penduduk Muslim sudah mencapai 1,7 milar jiwa. Dibeberapa negara di dunia Muslim menjadi mayoritas, seperti di Indonesia, Pakistan, Bangladesh, Mesir dan negara Liga Arab.

 

Namun, di beberapa negara lainnya Muslim juga menjadi penduduk Minoritas yang sering mendapat perlakuan yang berbeda dan tak jarang juga mendapat tekanan. Bahkan dari mereka ada yang diusir dengan dalih menjaga stabilitas negara.

 

Dilansir dari Boombastis.com, ada empat kelompok minoritas yang terusir dari negara yagn sudah menjadi rumahnya sendiri.

 

1. Muslim Rohingya - Mynmar

 

Muslim Rohingya belakangan menjadi pembicaraan dunia setelah banyak pengungsi melakukan pelayaran mencari suaka. Muslim Rohingya terusir dari negaranya sendiri, Myanmar.

 

Sayangnya, rezim saat ini sangat gigih melakukan penekanan terhadap Muslim Rohingya. Pemerintah Myanmar kerap melakukan penyerangan hingga menyebabkan kerusuhan. Parahnya Muslim Rohingya disebut alien-nya Myanmar.

 


2. Muslim Uygur - Tiongkok

 

Muslim Uygur - Tiongkok sering mendapat tindakan diskriminasi dari Pemerintah Tingkok yang menganut aliran komunis. Kaum minoritas yang hanya berjumlah 15 juta jiwa ini terus ditekan agar tidak agar tidak melaksanakan ibadah sesuai Islam.

 

Pemerintah Tiongkok sering menyuruh warga Etnis Han pindah ke sini dan memenuhi Xinjiang yang menjadi tanah asli etnis Muslim Uygur. Saat bekerja, Etnis Uygur kerap menerima perlakuan buruk. Mulai dari gaji yang rendah hingga pemecatan tanpa alasan.

 

Secara tidak langsung pemerintah Tiongkok ingin menghapus kebudayaan asli dari Uygur dengan cara menyusupkan etnis asli Tiongkok dalam jumlah banyak. Di Tiongkok Muslim Uygur tak jarang juga dianggap sebagai separatis yang harus dihancurkan agar tidak merusak tatanan masyarakat Tiongkok.

 

3. Muslim Kashmir – India

 

Muslim Kashmir India berjumlah sekitar 5,5 juta jiwa. Mereka bermukim di daerah perbatasan yagn dipenuhi konflik antara India dan Pakistan. Sejak tahun 1947, mereka harus bertahan hidup dengan situasi konflik. Akibat konflik yang tak berkesudahan, banyak diantara mereka yang meninggal dunia.

 

Perang juga membuat mereka banyak memiliki milisi yang menuntut kebebasan. Hasilnya, India memperlakukan semua Muslim di wilayah tersebut dengan tidak baik. Mereka yang dicurigai sebgai milisi akan ditangkap dan menerima siksaan yagn sangat mengerikan. Penduduk Kashmir seakan terusir dari tanah yang mereka tempati sejak ratusan tahun lalu.

 

4. Muslim Uttar Pradesh – India

 

Sekitar 180 juta Muslim mendiami anak Benua Asia ini. Namun, keberadaan mereka terutama di Uttar Pradesh sangatlah mengenaskan. Mereka menerima diskriminasi dari penduduk daerah lain terutama masalah pekerjaan dan pendidikan.

 

Mereka yang berlatar belakang Uttar Pradesh dianggap tidak berguna dantak sebanding dengan penduduk asli yang mayoritas merupakan pemeluk Hindu. 95 persen Muslim di negara ini berada di bawah garis kemiskinan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline