Bangladesh Desak Myanmar, Ambil Kembali Warga Rohingya yang Mengungsi

pengungsi-rohingya.jpg
(BBC Indonesia)

RIAU ONLINE - Ribuan Suku Rohingya melakukan eksodus besar-besaran dan mengungsi ke Bangladesh demi menyelamatkan diri dari pembantaian di negaranya, Myanmar. Di sisi lain, Pemerintah Bangladesh pun mulai menekan Myanmar untuk mengambil kembali, pengungsi Rohingya tersebut.

Dikutip dari republika.co.id, Perdana menteri Bangladesh, Sheikh Hasina telah meminta PBB dan masyarakat internasional untuk menekan pemerintah Myanmar. Hal ini disampaikan sesaat setelah berkunjung ke kamp pengungsi Kutupalong pada hari Selasa, 12 September 2017 kemarin.

Baca Juga: 

Inilah Siapa Dan Apa Tentang Muslim Rohingya Di Myanmar

Saat Mengungsi, Tentara Myanmar Kepung Dan Serang Muslim Rohingnya

Ia mengatakan bahwa Bangladesh akan menawarkan perlindungan sementara bagi pengungsi tersebut, namun Myanmar harus segera membawa warga negaranya kembali.

Menurut PBB, Sekitar 370 ribu populasi minoritas Rohingya di Myanmar telah meninggalkan negara bagian Rakhine ke negara tetangga Bangladesh dalam beberapa pekan terakhir.


"Di parlemen kita telah mengambil sebuah resolusi bahwa Myanmar harus membawa semua warganya kembali ke negara mereka dan menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga mereka bisa kembali," kata Hasina seperti dilansir Aljazirah.

Sementara itu,pPekerja bantuan di Bangladesh mengatakan mereka mencoba untuk meningkatkan bantuan bagi pengungsi Rohingya.
"Kebutuhannya sangat besar. Kami membantu secepat mungkin, tapi kami butuh bantuan internasional untuk membantu orang-orang ini," kata Corinne Ambler, dari kelompok kemanusiaan Palang Merah.

Para pengungsi tertekan karena setelah melarikan diri dari negara mereka, mereka harus menghadapi kondisi sulit di kamp pengungsian. Krisis yang terjadi di Myanmar telah menarik kritik tajam dari seluruh dunia.

Pada hari Selasa, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyebut pembunuhan Muslim sebagai bencana politik bagi Myanmar.

Kepala HAM PBB Zeid Ra'ad al-Hussein mengecam situasi di Myanmar sebagai tindakan pembersihan etnis. Inggris dan Swedia telah meminta Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan mendesak pada hari Rabu untuk menangani situasi Rohingya.


PBB menggambarkan Rohingya sebagai orang yang paling teraniaya di dunia. Rohingya telah ditolak kewarganegaraannya di Myanmar sejak tahun 1982, yang telah secara efektif membuat mereka tanpa kewarganegaraan. Setelah melarikan diri dari gelombang kekerasan baru-baru ini, banyak orang takut akan kehidupan mereka di Myanmar.

"Jika kita kembali mereka akan membunuh kita," Rahima Begum, seorang pengungsi Rohingya berusia 24 tahun.

Sementara itu, ada pula yang mencari kebutuhan dasar dan perlindungan di tengah meningkatnya ketegangan. "Kami ingin tinggal di sini dengan selamat di Bangladesh. Inilah sebabnya mengapa kita lolos, tapi kita butuh makanan dan tempat tinggal," kata Harun, seorang pengungsi lainnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id