Pemprov Riau Gelar Operasi Katarak Gratis, Warga: Sangat Membantu

Operasi-katarak-gratis.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Riau mengaku terbantu dengan adanya operasi katarak gratis yang diusung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan RS Awal Bros Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, pada Minggu, 23 Oktober 2022. 

"Pelayanannya cukup bagus, saya bahagia dan mengucapkan terima kasih," ujar Mansyur, pria berusia 59 tahun, salah satu penerima manfaat operasi katarak gratis asal Kuantan Singingi (Kuansing).  

Mansyur berharap kegiatan operasi katarak gratis ini dapat berlanjut. Sebab  menurutnya, masih banyak orang yang belum mendapatkan informasi soal operasi katarak gratis ini, terutama masyarakat di pedalaman yang sudah tua renta. 

"Masih masyarakat yang belum tahu soal banyaknya informasi. Masyarakat yang di pelosok sana banyak orang tua yang nggak tahu. Kedepannya mungkin dapat dilanjutkan," ujarnya.

Disebutkan Mansyur proses penanganan operasi katarak ini berlangsung selama 15 menit tanpa adanya pungutan biaya apapun. 


"Ini sangat membantu bapak juga sangat merasa terbantu. Sebelumnya sudah pernah operasi katarak tapi di klinik memang mengeluarkan biaya yang cukup lumayan," paparnya.  

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengungkapkan bahwa rencananya kegiatan serupa akan kembali digelar tahun depan. Nantinya, Dinkes Riau akan berkolaborasi dengan pihak terkait.

"Mudah-mudahan ini berlanjut tidak hanya tahun ini saja, tapi tahun kedepannya juga dengan dilakukan kolaborasi," paparnya.

Untuk tahun ini, sebut Zainal, operasi katarak gratis diikuti oleh 370 orang dari berbagai kabupaten kota di Provinsi Riau. Namun, menurutnya, jumlah masih kurang dari target awal.

"Tadi maunya pecahkan rekor muri dengan peserta 425 orang, namun hari ini kita berharap masih ada yang datang langsung atau mau berobat langsung ke sini," pungkasnya