Dinkes Riau dan RS Awal Bros Fasilitasi Operasi Katarak Gratis bagi Masyarakat

Kadiskes-Riau-Zainal-Arifin5.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau bersama Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru menyediakan layanan operasi katarak gratis untuk masyarakat Riau. 

Sebanyak 370 orang warga Riau siap menjalani operasi katarak di RS Awal Bros, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Minggu, 23 Oktober 2022. 

"Ini kepedulian Pemprov Riau yang operasi ini disediakan gratis dengan harapan tentu tidak ada lagi masyarakat kita yang kesulitan mendapatkan penglihatan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadis) Provinsi Riau, Zainal Arifin, seusai seremonial pembukaan operasi katarak. 

Zainal mengatakan selama ini masyarakat kesulitan mendapatkan layanan operasi katarak lantaran terkendala masalah biaya. Dengan adanya fasilitas gratis ini, ia berharap, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik. 


"Operasi ini diberikan 100 persen gratis yang ditaja Pemprov Riau dengan RS Awal Bros," terangnya. 

Zainal menyebut, persentase penderita katarak di Riau mencapai 1,4 persen atau sama dengan empat juta penderita katarak se Indonesia. Makanya guna memaksimalkan pemanfaatan layanan gratis ini pihak Dinkes Riau meminta kepada pemerintah tingkat kabupaten kota untuk menjaring penderita katarak dengan jumlah tak dibatasi.

"Kita mau bebaskan dari kota katarak, kita minta seluruhnya ( masyarakat, red) unlimited, tanpa batas, seberapa yang ada kita jaring. Misalnya ini semua sudah kita jaring dan kalaupun ada yang tertinggal bisa diinformasikan satu atau dua hari untuk menyusul," pungkas Zainal.  

Zainal pun berharap penyediaan layanan kesehatan gratis seperti saat ini menjadi salah satu wujud kesatuan menciptakan kesehatan di Provinsi Riau. 

"Apalagi bertepatan dengan semangat Hari Kesehatan Nasional kita bersatu dalam mewujudkan kesehatan di Provinsi Riau," sebutnya.