Tips dan Trik Bikin HP Android Kamu Anti Lemot

Ilustrasi-Android.jpg
(Aditia Noviansyah/kumparan)

RIAUONLINE - Ponsel android kamu mulai lemot atau kurang responsif? Ini disebabkan oleh adanya pembaruan aplikasi sejak kamu menginstalnya.

Tapi tenang, ada tips dan trik bikin HP android kamu anti lemot dan lebih cepat merespon. Berikut sejumlah caranya seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 23 Oktober 2022:

1. Aktifkan opsi pengembang

Awali dengan mengaktifkan opsi pengembang di ponsel pintar kamu, jika kamu belum melakukannya. Caranya, buka pengaturan, pilih tentang telepon, lalu ketuk tujuh kali nomor build yang muncul di bagian bawah layar.

Judul menu dapat bervariasi tergantung ponsel android yang kamu gunakan. Kamu harus menavigasi ke Pengaturan Pengaturan > Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak > Nomor pembuatan, misalnya, pada ponsel cerdas Samsung.

Memasukkan kode buka kunci akan memungkinkan kamu untuk mengonfirmasi aktivasi opsi pengembang. Jika semua berjalan dengan baik, akan muncul pesan di bagian bawah layar yang mengatakan "Anda sekarang adalah pengembang".

2. Buka menu opsi pengembang


Perangkat lunak kamu mungkin memiliki lokasi yang berbeda untuk menu Opsi Pengembang. Pada Samsung misalnya, opsi pengembang berada di bagian paling bawah menu Pengaturan, sedangkan pada ponsel cerdas Pixel Google, berada di bagian bawah menu Sistem.

3. Matikan efek

Setelah memasuki Opsi Pengembang, temukan opsi Window Animation Scale, Transition Animation Scale, and Animation Duration Scale (Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animasi) di bawah judul Path

Secara teori, menurunkan pengaturan atau mematikan sepenuhnya akan memungkinkan ponsel cerdas kamu bekerja lebih lancar dan cepat dari biasanya. Tapi jika modifikasi ini tidak sesuai dengan kamu, ulangi operasi dan tetapkan nilai untuk setiap opsi ke x1.

Jika perangkat kamu Samsung, tampaknya tidak ada banyak perbedaan untuk menonaktifkan opsi ini. Pada overlay OneUI-nya, pabrikan Korea sebenarnya menyediakan opsi khusus untuk menurunkan animasi. Untuk mengaktifkan opsi, buka Pengaturan, lalu pilih menu Aksesibilitas, lalu pilih Peningkatan visibilitas dan pilih opsi untuk penghapusan animasi.

Tips Membuat Ponsel Pintar Android Lebih Cepat

Khusus untuk OS Android, salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah OS mulai terasa lambat setelah beberapa bulan digunakan. Namun, membeli smartphone kelas atas dengan kinerja dan fitur superior tidak selalu menjadi pilihan.

Berikut beberapa saran tambahan tentang cara membuat ponsel Android yang anti lemot sehingga kamu dapat menggunakan perangkat secara efektif dengan meminimalkan kelambatan dan macet (ngehang)

1. Restart sederhana dapat membuat perangkat Android anda lebih baik
2. Tetap perbarui ponsel anda
3. Copot dan nonaktifkan aplikasi yang tidak anda butuhkan
4. Bersihkan layar beranda anda
5. Hapus data aplikasi yang di-cache
6. Bebaskan Memori Internal anda
7. Coba gunakan aplikasi Versi Lite
8. Instal aplikasi dari Sumber yang dikenal
9. Atur ulang perangkat anda
10. Instal ROM yang disesuaikan