Libur Akhir Pekan, 3 Destinasi Wisata Riau Ini Wajib Kamu Kunjungi

Kampung-Patin.jpg
(mediacenter.riau.go.id)

Laporan: Indah Lestari 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Akhir pekan menjadi momen yang paling dinanti untuk melepas penat. Bersantai dan menyegarkan kembali pikiran. Ada banyak cara dalam merayakan akhir pekan, di antaranya dengan berwisata. 

Berikut tiga destinasi wisata Riau yang wajib kamu kunjungi:

1. Talau Pusako

Talau Pusako

Sumber: Kacamata Gober

Talau Pusako merupakan satu wisata, di bentang Kampar Kanan. Tepatnya, di Jalan Raya Sumbar-Riau, kawasan Danau PLTA Desa Koto Mesjid, Kenegerian Pulau Godang, Kecamatan XIII Koto Kampar. Jarak tempuhnya dari Pekanbaru, hanya sekitar 1,5 jam.

Berbeda dengan kebanyakan wisata sekitarnya, Talau Pusako hanya berdirikan beberapa pondokan dan dua kamar mandi. Tempat wisata yang satu ini, memang tidak terlalu berfokus pada bangunan-bangunan seperti pondok atau gazebo dan lain-lain. 

Tempatnya yang minimalis menjadikan alam dan pepohonan yang rimbun sebagai daya tarik utama dari Talau Pusako. Talau Pusako sendiri, tidak menerima pengunjung dalam jumlah yang terlalu ramai. Hijau, segar, dan damai. Begitulah Talau Pusako.

Bila mengunjungi tempat ini, kita tidak hanya bisa menikmati keasriannya saja, tetapi juga wahana air, seperti baju pelampung untuk berenang dan perahu untuk mengelilingi jajaran pulau-pulau yang begitu eksotis di sekitarnya. Ada pula pustaka mini, yang ditata di salah satu pondokan, menjadi edukasi yang sangat bagus, terutama untuk wisatawan anak. 

Selain itu, Talau Pusako juga membuka kesempatan bagi pemancing. Nantinya, hasil ikan pancingan tersebut bisa dijadikan santapan sore atau malam, dengan cara dibakar atau lainnya. 


Bagi yang ingin menginap, Talau Pusako telah menyediakan camping area, berupa tenda dan hammock yang menghadap langsung ke tengah luasan danau. Tentunya didampingi fasilitas memadai, seperti listrik dan penerangan di pondok-pondok yang ada.

2. Sungai Gagak

Sungai Gagak

disparbud.kamparkab.go.id

Sungai Gagak merupakan sebuah destinasi wisata, yang terletak di Dusun I Pincuran Bilah, Koto Mesjid, Tanjung Alai, XIII Koto Kampar. Sorotan utama pada wisata ini, ada pada sajian pemandiannya, yang terkenal sejuk dan asri.

Melansir dari kotomesjid.com, sungai yang dikelola muda-mudi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini, juga menyediakan fasilitas penginapan seperti tenda dan hammock. Seperti Talau Pusako, di sini pengunjung pun bisa memancing atau membeli ikan, untuk dibakar maupun diolah sesuai selera masing-masing.

Tidak hanya tempat pemandian yang asik dan seru, tempat wisata satu ini juga memiliki banyak spot foto bagus dan menarik. Pengunjung bisa mengabadikan momen bersama keluarga, kerabat, maupun sahabat. 

3. Kampung Patin 

Kampung Patin

mediacenter.riau.go.id

Seperti namanya, Kampung Patin sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan budidaya ikan Patinnya. Sebagian masyarakatnya hidup dari hasil budidaya tersebut. Ada puluhan usaha pakan ikan dan berton-ton supplier bahan baku. 

Berbeda dengan dua destinasi wisata sebelumnya, wisata ini justru lebih berfokus pada pengembangan ekonomi dan kesejahteraan penduduknya. Hal itu terlihat bukan hanya dari budidaya ikannya saja, tetapi juga pemasaran produk UMKM berupa hasil olahan ikan Patin. Mulai dari salai (ikan asap), nugget, kerupuk, bakso, abon, siomay, empek-empek, hingga kerupuk kulit. 

Bagi yang tertarik mengunjunginya,  Kampung Patin terletak tak jauh dari Talau Pusako. Hanya butuh waktu sekitar lima menit.

Beberapa tahun terakhir, Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau ini memang begitu menarik dan menjadi pusat perhatian pariwisata lokal maupun nasional. Hutan belantara yang dulunya ditakuti masyarakat, kini ramai dikunjungi wisatawan.

Demikian tiga destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat liburan akhir pekan. Ketiga wisata ini, sama-sama terletak di Desa Wisata Koto Mesjid dan menjadi satu desa dari Provinsi Riau yang berhasil menembus 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kemenparekraf 2021 lalu.