Kehujanan Bikin Sakit, Benarkah? Begini Faktanya

hujan55.jpg
(okezone.com)

RIAUONLINE - Provinsi Riau saat ini lebih sering diguyur hujan hingga sejumlah wilayah di Bumi Lancang Kuning digenangi banjir. Tidak sedikit pula warga, pekerja, hingga anak-anak sepulang sekolah terkena hujan atau kehujanan. Lantas, benarkah kehujanan bisa menyebabkan seseorang sakit?

Hingga kini masih banyak orang yang percaya bahwa kehujanan dapat menyebabkan seseorang sakit. Disebutkan pula bahwa air yang menggenang akibat hujan dapat memicu penyakit kulit.

Sebenarnya, seseorang mengalami sakit setelah kehujanan dikarenakan tubuh belum bisa beradaptasi dengan cuaca dingin yang tak seperti biasanya. Kondisi ini membuat kekebalan tubuh menurun, sehingga memudahkan penyebaran bagi virus pemicu penyakit. Alhasil, tubuh rentan terserang penyakit.

Menurunnya tingkat kekebalan tubuh dapat memicu berbagai penyakit. Mulai dari sakit kepala, flu, batuk, demam, diare, hingga gatal-gatal pada kulit.

Di saat musim hujan tidak sedikit orang yang terkena penyakit, terutama flu. Sebab, virus flu mudah menyebar di dalam ruangan yang banyak orang. Terlebih lagi, jika orang-orang berada dekat satu sama lain, sehingga virus dapat menular dengan cepat.

Penyebab lainnya, penggunaan pakaian basah dalam waktu lama saat kehujanan juga menyebabkan tubuh terserang penyakit, salah satunya hipotermia. Hipotermia dapat menurunkan imun tubuh yang menyebabkan seseorang berpeluang besar terinfeksi virus.

Lalu, bagaimana cara untuk terhindar dari penyakit setelah kehujanan? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Suara.com, Selasa, 11 Oktober 2022:


1. Kenakan Pakaian Hangat

Saat cuaca ekstrem, seperti hujan deras disertai angin kencang dan petir, sebaiknya kenakan pakaian hangat agar suhu tubuh tetap terjaga. Jika kehujanan, segera ganti pakaian dengan yang lebih hangat untuk menghindari virus maupun bakteri di pakaian.

2. Cuci Tangan

Bakteri paling mudah menempel di area tangan. Bakteri muncul saat seseorang memegang gagang pintu, meja, menyentuh benda asing, maupun berjabat tangan dengan orang lain.

Tangan yang tidak bersih juga dapat memperparah kondisi tubuh saat musim hujan. Sebab, bakteri dan virus tumbuh lebih cepat di area lembab, sehingga dapat dengan mudah menyerang sistem imum pada tubuh. Karena itu, sangat disarankan untuk sering mencuci tangan.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Saat cuaca buruk sangat penting untuk menjaga asupan vitamin pada tubuh yang dapat diperoleh dari makanan sehat agar. Mengkonsumsi makanan sehat dapat menjaga sistem kekebalan pada tubuh. Sehingga tubuh tidak rentant terserang penyakit.

4. Terapkan Pola Hidup Sehat

Berolahgara, yoga, dan istirahat yang cukup serta menjaga kebersihan sekitar juga membantu tubuh tetap sehat dalam beraktivitas.