Hindari Dehidrasi Saat Cuaca Panas dengan Cara Ini

cuaca-panas.jpg
(net)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Akhir-akhir ini cuaca panas ekstrim melanda beberapa wilayah di Indonesia termasuk Pekanbaru. Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu yang terpantau di beberapa wilayah berada pada kisaran 24-36 derajat Celsius, dalam beberapa hari terakhir. Cuaca panas terik ini diduga terjadi karena lapisan bawah atmosfer yang relatif kering.

Cuaca panas dan terik juga rentan memicu dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga hilang kesadaran (pingsan). Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, selama cuaca panas, agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Dehidrasi membuat kita merasa sangat cepat haus dan mulut terasa kering. Selain itu, konsentrasi juga bisa terganggu dan tubuh terasa lemas. Hal ini tentu dapat menganggu aktivitas.

Agar aktivitas tetap lancar di tengah cuaca panas dan terik, kamu perlu mencegah dehidrasi. Ikuti beberapa cara ini agar kamu tidak cepat dehidrasi saat cuaca panas:

Perbanyak minum air putih


Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Untuk itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyaklah minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu, keseimbangan cairan tubuh kamu akan tetap terjaga. Hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh.

Perbanyak Konsumsi Buah-buahan

Selain memperbanyak asupan air putih, penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

Pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi

Untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi, kamu bisa melihatnya dari warna urine saat buang air kecil. Bila urine berwarna jernih, tandanya kebutuhan carian tubuh terpenuhi, sebaliknya jika warna urine berwarna kuning pekat, kamu harus segera meningkatkan asupan cairan tubuh.

Jangan terlalu sering mandi

Saat cuaca sedang panas-panasnya, pasti kamu ingin selalu mandi. Mandi terlalu sering saat cuaca sedang panas juga tidak terlalu baik untuk tubuh.. Sebab, dapat membuat kulit jadi kering. Mandilah sewajarnya saja dua kali dalam sehari.

Hindari mengkonsumsi alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat memperparah dehidrasi. Apalagi jika kamu tidak mengimbanginya dengan banyak minum air putih dan makan makanan sehat. Oleh karena itu, saat cuaca sedang panas, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan perbanyak minum air putih saja.