5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Musim-Hujan1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAUONLINE - Akhir-akhir ini, beberapa wilayah di Indonesia diguyur hujan dengan intensitas beragam, mulai dari ringan hingga deras. Musim hujan juga terjadi di sejumlah wilayah Riau, terutama di ibu kota Pekanbaru.

Di tengah cuaca seperti saat ini, penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar tak gampang sakit. Mengutip laman Kementerian Kesehatan RI, musim hujan adalah kesempatan bagi mikroorganisme penyebab penyakit untuk menyerang manusia.

Lantas, untuk menjaga kesehatan di musim hujan, salah satunya adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Merangkum dari hellosehat.com, berikut tips menjaga kesehatan ketika musim hujan tiba.

1. Menjaga Kebersihan

Kuman akan mudah menyerang saat musim penghujan dan akan memengaruhi kesehatan tubuh, maka menjaga kebersihan diri sendiri menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Caranya yaitu dengan rajin mencuci tangan sebelum makan dan setelah keluar rumah.

Membersihkan dalam rumah terutama bak penampungan air karena jentik nyamuk suka di area tersebut terutama di musim hujan. Jangan memakai pakaian yang setengah kering atau lembab, itu menjadi sarang bakteri.

2. Menjaga Pola Makan Sehat


Asuapan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan di musim hujan. Agar zat gizi tercukupi, harus memperhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi lima kelompok pangan setiap hari.

Lima kelompok pangan tersebut adalah makanan pokok, lauk-pauk, sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa perbanyak juga mengonsumsi air mineral.

3. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin C

Sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh selama musim hujan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C. Makanan yang kaya Vitamin C yaitu buah jeruk, jambu, strowberry, brokoli dll. Selama, musim huja mengurangi dengan jajan di pinggir jalan.

4. Selalu Membawa Payung atau Jas Hujan

Selalu membawa payung dan jas hujan menjadi dua cara penting untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Kedua benda tersebut sangat penting untuk dibawa kemanapun terutama di saat musim hujan.

Meski pagi hari tampak cerah, kita tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi hujan akan turun hingga malam hari. Membawa payung dan jas hujan bisa melindungi kita dari hujan. Setelah pulang kerja atau bepergian sampai dirumah lebih baik langsung mandi.

5. Rajin Berolahraga dan Tidur Yang Cukup

Meskipun udara dingin, kita perlu tetap bergerak agar tubuh tetap bugar. Olahraga bisa dilakukan di dalam rumah, cukup 30 menit setiap harinya.

Melakukan olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Selain berolahraga tidur yang cukup dan berkualitas itu juga sangat pentin, untuk membuat tubuh dan pikiran beristirahat.

Artikel ini sudah tayang di yoursay.id/ suara.com