Penelitian: Kopi Dapat Kurangi Resiko Kanker Bagi Perempuan

minum-kopi2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Siapa tidak suka kopi? Minuman satu ini menjadi salah satu yang populer di seluruh dunia. Beberapa orang bahkan selalu menyesap kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Tapi, ternyata minum kopi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya mengurangi risiko kanker pada perempuan, mengapa?

Menurut studi baru, yang dipimpin oleh Japan Society of Obstetrics and Gynaecology, kopi mungkin memiliki kekuatan untuk melindungi dari kanker endometrium.

Para peneliti menganalisis 24 studi tentang asupan kopi, yang melibatkan lebih dari 699.000 orang, di antaranya 9.800 kasus kanker endometrium terjadi.

Orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko relatif 29 persen lebih rendah terkena kanker endometrium dibandingkan mereka yang tidak minum banyak.


Tidak jelas berapa banyak cangkir yang mereka minum per hari. Tetapi para ahli kesehatan umumnya mengatakan seorang harus mencoba dan membatasi kafein hingga 400mg per hari - sekitar empat cangkir kopi instan.

Tidak ada hubungan yang ditemukan antara risiko kanker dan konsumsi kopi tanpa kafein. Analisis yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynecology Research, menjelaskan beberapa cara putih rata atau cappuccino dapat menjadi pelindung.

Kopi adalah campuran kompleks lebih dari 1.000 bahan kimia. Dalam bentuk alaminya, mengandung beberapa komponen kimia termasuk katekin, kafein, ferulic, dan asam coumaric.

Ini semua adalah senyawa fenolik, yang menurut para peneliti, mempromosikan gaya hidup sehat dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Kopi sebelumnya telah dikaitkan dengan manajemen berat badan yang lebih baik serta risiko diabetes tipe 2 yang lebih.

Obesitas dan diabetes adalah dua faktor yang berhubungan dengan risiko kanker endometrium yang lebih tinggi, menurut NHS.

Analisis ini menunjukkan bahwa perempuan dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi - ukuran berat badan dibandingkan dengan tinggi badan - lebih berisiko terkena kanker endometrium.

Oleh karena itu, para peneliti mengatakan perempuan dengan BMI lebih tinggi dapat mengambil manfaat lebih banyak dari "peningkatan minum kopi daripada mereka yang memiliki BMI lebih rendah".

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com