Ampuh Lawan Virus, Cek 5 Manfaat Gambas yang Jarang Diketahui

Gambas-atau-oyong.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Banyak orang menyepelekan Gambas atau Oyong (Luffa acutangula) untuk kesehatan. Padahal sayuran berwarna hijau dan lonjong ini kaya akan manfaat.

Dilihat dari bentuknya, oyong terlihat sangat mirip dengan okra. Tidak heran, di Amerika Serikat dan Kanada, sayuran ini juga disebut sebagai okra Tiongkok.

Meski kebanyakan orang sudah familiar dengan oyong, tidak banyak orang yang tahu akan manfaatnya. Oleh karena itu, mari kenali beragam manfaat oyong atau gambas untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan.


Berikut ini beraga manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi gambas antara lain.

1. Mengatasi sinusitis

Sebuah penelitian menyatakan, penggunaan produk homeopati yang mengandung ekstrak oyong, lungmoss, dan kalium selama dua minggu, mampu mengatasi berbagai gejala sinusitis. Namun tentu saja, penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna membuktikan manfaat oyong atau gambas yang satu ini.


2. Kaya akan nutrisi

Oyong atau gambas mengandung banyak sekali nutrisi, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, hingga serat. Tak ketinggalan vitamin A, B1, B2, B5, B6, dan C, hingga mineral seperti mangan, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor juga termasuk di dalamnya. Karenanya, oyong sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan keluarga.

3. Bersifat antiradang

Dipercaya, biji dari sayur gambas dapat digunakan sebagai obat antiradang alami. Beberapa penelitian membuktikan, sifat antiradang itu datang dari kandungan flavonoid dan asam fenolik yang dikandung bijinya.

Ditambah lagi, biji gambas juga bersifat analgesik (pereda nyeri). Itulah mengapa, para ahli percaya kalau biji oyong yang sudah diekstrak dapat meredakan rasa nyeri akibat penyakit peradangan dikutip dari momsmoney

4. Solusi saat alergi

Bagi Anda yang mengalami gejala rhinitis alergi, berbagai studi menjelaskan bahwa semprotan hidung homeopati yang mengandung ekstrak oyong, Galphimia glauca, histamin, dan sulfur bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. P

5. Bisa melawan mikroba

Dalam dunia pengobatan tradisional India atau Ayurveda, manfaat oyong juga dipercaya dapat melawan berbagai mikroba penyebab penyakit, seperti infeksi jamur, bakteri, dan virus. Para ahli menemukan, sayur gambas yang sudah dijadikan bubuk ternyata mengandung metanol dan etil asetat. Keduanya dipercaya mampu melawan bakteri, seperti E. Coli, B. subtilis, P. aeruginosa, dan S. aureus.