Santap 5 Buah Ini saat Berbuka Hindari Sembelit Selama Puasa

BAB2.jpg
((Unsplash/Giorgio Trovato))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sembelit biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat dan malas olahraga. Terlebih di saat puasa Ramadan, beberapa orang mungkin tak memperhatikan apa saja yang ia makan, karena yang penting adalah merasa kenyang.

Maka dari itu, sembelit bisa melanda saat puasa. Kondisi ini tentu membuat perut tidak nyaman dan aktivitas beribadah bisa terganggu. Untuk menghindari sembelit selama puasa, lima buah ini bisa Anda konsumsi saat berbuka puasa.

1. Pepaya

Mengutip dari Healthline, orang-orang di negara tropis seperti Indonesi menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) lainnya. Ini dikarenakan enzim papain pada pepaya dapat membuat protein lebih mudah dicerna.

2. Jeruk


Berbagai jenis jeruk adalah camilan menyegarkan dan sumber serat yang baik. Buah jeruk juga kaya akan serat larut pektin, terutama di bagian kulitnya. Pektin dapat mempercepat waktu transit kolon dan mengurangi sembelit. Selain itu, buah jeruk mengandung flavanol yang disebut naringenin, yang dapat berkontribusi pada efek positif buah jeruk pada sembelit dikutip dari Suara.com

3. Kiwi

Buah mungil ini tak hanya kaya serat yang dianggap dapat melawan sembelit. Enzim yang dikenal sebagai actinidain di dalamnya juga diduga bertanggung jawab atas efek positif buah kiwi pada motilitas usus dan kemudahan buang air besar.

4. Apel

Apel juga memiliki serat larut pektin. Di usus, pektin dengan cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek , yang menarik air ke usus besar, melunakkan tinja dan mengurangi waktu transit usus. Sehingga, dapat meredakan sembelit.

5. Semangka

Meski semangka tidak memiliki kandungan serat sebanyak buah yang disebutkan di atas, tetapi buah yang menyegarkan ini mengandung sekitar 92 persen air. Sehingga semangka dapat mendorong pergerakan usus dan membantu dalam buang air besar, demikian mengutip dari WebMD.