Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Membiasakan 4 Hal Ini di Pagi Hari

yoga.jpg
(net)

RIAUONLINE - Saat pandemi, menjaga kekebalan tubuh adalah hal yang penting. Tapi para ahli menyatakan bahwa kekebalan tubuh tidak bisa dibangun dalam waktu singkat.

Kekebalan tubuh harus dibangun secara rutin dengan kebiasaan hidup sehat. Melansir dari Times of India, ada berbagai rutinitas pagi yang nyatanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antara lain:


1. Yoga

Jika Anda terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur, cobalah melakukan beberapa pose bed yoga. Salah satu pose bed yoga bisa dilakuakan dengan cara duduk bersimpuh kemudian meringkukkan kepala ke lutut, lalu tangan diluruskan ke belakang sejajar dengan telapak kaki.

Posisi ini dapat mengendurkan otot yang kaku dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Setelah melakukan pose ini, cobalah duduk dengan tegak dan lakukan beberapa latihan pernapasan untuk merilekskan pikiran dan meningkatkan fungsi tubuh setelah tidur.

2. Hidrasi

Menjaga tubuh tetep terhidrasi dengan baik akan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Minumlah dua gelas air setelah Anda bangun untuk memenuhi kebutuhan cairan di pagi hari.

3. Olahraga

Berolahraga adalah cara terbaik untuk mengatasi kelesuan di pagi hari. Berolahraga pagi setidaknya 30 hingga 40 menit dapat memberi energi tubuh sepanjang hari. Olahraga di pagi hari juga meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan stamina Anda.

Anda bisa berolahraga pagi dengan berjalan kaki, jogging, hingga bersepeda.

4. Konsumsi sarapan sehat

Menikmati sarapan yang sehat dapat menjaga pola makan sepanjang hari. Dalam hal ini, sarapan sehat bisa Anda dapatkan dari campuran protein, karbohidrat, lemak, dan serat.

Jangan lupa juga untuk menambahkan buah-buahan segar, biji-bijian, dan sayuran saat sarapan.

Artikel ini sudah tayang di Suara.com