Dua Jenis Buah Ini Dapat Membantu Anda Tidur Nyenyak

kiwi.jpg
(ilustrasi)

RIAUONLINE - Tidur merupakan hal yang dilakukan untuk bisa beristirahat panjang. Tidur yang baik bukan berarti dengan waktu yang lama. Namun yang tidak terganggu dan merupakan rutinitas yang tidak memerlukan usaha untuk melakukannya. Orang yang tidur dengan nyenyak tidak butuh waktu banyak untuk mendapatkan istirahat.

Ternyata, kualitas tidur juga ditentukan apa yang dikonsumsi. Ben Greenfield menjabarkan daftar belanjaan makanan tertentu yang bisa membantu tidur nyenyak.

Dua item dalam daftarnya sebenarnya adalah buah-buahan, yaitu kiwi dan ceri tart yang telah dikuatkan sebagai alat bantu tidur yang potensial oleh berbagai penelitian selama bertahun-tahun, seperti melansir lifehacker, Selasa (12/5/2020).

Buah ceri

Sebuah studi pada 2012, menunjukkan bahwa jus ceri mengandung kadar fotokimia yang tinggi, termasuk melatonin, yang dapat secara langsung meningkatkan kadar melatonin pada manusia, bersamaan dengan waktu di tempat tidur, total waktu tidur dan efisiensi tidur.


Studi yang diberi judul "suplemen jus ceri," para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi jus ceri asam dapat membantu dalam memerangi gangguan tidur.

Kiwi

Buah Kiwi mengandung hormon serotonin yang meningkatkan mood, yang membantu dalam produksi melatonin regulator siklus tidur.

Sebuah penelitian pada tahun 2011 menilai kualitas tidur setelah orang dewasa yang kurang tidur mengkonsumsi dua potong buah, satu jam sebelum tidur, selama sebulan penuh.

Di seluruh papan, skor "waktu bangun setelah tidur" partisipan turun 28,9 persen. Total waktu tidur meningkat 13,4 persen.

Artikel ini sudah tayang di Liputan6.com