7 Benda Sebaiknya Anda Bersihkan Untuk Cegah Corona

Ilustrasi-bekerja-dengan-laptop.jpg
(internet)

RIAUONLINE - Virus corona atau Covid-19 menular melalui percikan ludah atau droplet dari pasien yang sakit. Droplet tersebut bisa juga tersebar di beberapa permukaan dan bisa bertahan selama beberapa jam atau bahkan hari.

Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk membersihkan benda-benda yang ada di dalam rumah, karena bukan tidak benda-benda tersebut terpercik droplet dari anggota keluarga yang carrier.

Kebersihan merupakan kunci dari pencegahan virus yang menyebar sangat cepat ini, sekalipun berada di rumah. Dan dikutip dari Health.com, ada 7 benda utama di rumah yang harus dibersihkan menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan. Ini dia 7 benda yang sering Anda sentuh setiap hari tanpa sadar. Apa saja?

1. Ponsel

Ponsel adalah salah satu barang yang sering Anda pegang, dan bahkan mungkin Anda sedang memegangnya sekarang saat membaca ini. Meskipun Anda rutin mencuci tangan, kalau tidak membersihkan ponsel, kuman dan virus bisa kembali ke tangan Anda.

lalu, bagaimana cara untuk membersihkan ponsel Anda tanpa membuatnya berisiko rusak karena air? Pertama-tama bersihkan tangan Anda terlebih dahulu, lalu lap permukannya dengan kain mikrofiber antibakteri, lalu semprotkan pembersih ke kain tersebut. Lepaskan casing ponsel dan lap dengan kain bersih yang dicelupkan ke alkohol 70 persen, lalu keringkan.

2. Papan ketik laptop atau komputer

Bukan rahasia lagi apabila papan ketik laptop atau komputer merupakan salah satu tempat terkotor namun merupakan benda yang sering kita sentuh. Apalagi dengan situasi bekerja dari rumah yang mengharuskan Anda menggunakannya selama berjam-jam.

Untuk membersihkannya dengan cepat, hentikan pekerjaan Anda terlebih dahulu dan cabut kabel listriknya. Balikkan laptop atau papan ketik komputer, lalu gunakan tiupan angin untuk menyingkirkan kotoran dan debu. Untuk mendisinfektannya, lap permukaan dengan alkohol 70 persen, namun berhati-hatilah jangan sampai cairannya menetes ke dalam papan ketik.

3. Gagang pintu dan tombol lampu

Chuck Gerba, seorang profesor mikrobiologi lingkungan di University of Arizona mengatakan sangat mungkin seseorang jatuh sakit hanya karena menyentuh gagang pintu yang kotor.

Maka dari itu, gagang pintu dan tombol lampu sangat penting untuk dibersihkan, terutama membersihkan menggunakan cairan disinfektan. Saat membersihkan tombol lampu, berhati-hatilah agar cairannya tidak terjatuh ke lubang listrik.

4. Keran dan meja dapur

Membersihkan dapur tentu jadi hal yang rutin dilakukan meski sebelum pandemi Covid-19 ini berlangsung. Namun dalam situasi kini, kebersihannya harus lebih ketat karena di tempat inilah kemungkinan besar justu banyak bakteri dan kuman bersarang.

Agar bebas bakteri, virus, kuman, dan sebagainya, bersihkan meja dapur dan keran yang kerap disentuh oleh tangan kotor saat mempersiapkan masakan. Semprotkan disinfektan di area tersebut dengan seksama. Bersihkan tiap kali Anda selesai menggunakannya.

5. Boneka dan selimut

Membersihkan boneka dan selimut bisa dengan cara mencucinya, namun pastikan bagaimana cara mencucinya terlebih dahulu dan ikuti panduannya. Jika memungkinkan dan ada, semprotkan laundry sanitizer lalu keringkan dengan benar.

6. Meja kerja

Bekerja dari rumah membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu di meja kerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaganya agar tetap bersih.

Semprot area tersebut dengan semprotan disinfektan, lap bagian permukaan, utamakan area yang sering Anda sentuh dan juga kursi yang Anda pakai.

7. Remote televisi

Saat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah berarti Anda juga menghabiskan waktu untuk menonton televisi, dan tentu saja menggunakan remote televisi Anda.

Untuk membersihkannya, lepas baterainya terlebih dahulu. Lalu gunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam cairan alkohol 70 persen untuk mengelapnya. Untuk membersihkan tombolnya, gunakan cotton bud. Pastikan remote sudah kering seluruhnya sebelum Anda mengembalikan baterai dan kembali menggunakannya untuk sesi menonton.

 Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com

-->