Antisipasi Virus Corona, Dinkes Kuansing Kirim Surat ke Puskesmas

Virus-Corona-di-Wuhan.jpg
(VOAINDONESIA/AFP)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) telah mengeluarkan surat edaran kewaspadaan virus Corona ke masing-masing Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). 

"Sebagai antisipasi kita sudah keluarkan surat edaran kewaspadaan dikirim ke setiap Puskesmas," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Jumardi, Senin, 27 Januari 2020, kepada RIAUONLINE.CO.ID

Jumardi mengatakan, hingga kini belum terdengar ada virus tersebut masuk ke Kuansing. Dalam surat edaran dikirim, berisikan Puskesmas diminta mengenali gejala virus tersebut supaya masyarakat tidak terjangkit.

"Kalau ada yang dicurigai, kita minta Puskesmas segera melapor ke Dinas," katanya.

Menurut Jumardi, antisipasi perlu dilakukan mana tahu, ada turis lokal pernah berkunjung ke China atau negara lain sudah terjangkit virus mematikan tersebut.

"Surat edaran ditandatangani Plt Kadis kemarin," katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Teluk Kuantan, Kuansing, dr M Irvan Husin mengatakan, hingga kini di Indonesia memang belum terdengar ada yang terjangkit virus tersebut.  

"Termasuk di Kuansing belum ada. Sekarang yang diperketat itukan di Airport dan Pelabuhan," katanya.

Irvan mengatakan, masyarakat juga harus tahu apa gejala dari virus tersebut. "Kenali gejalanya kalau memang ditemukan itu akan langsung kita rujuk ke Pekanbaru atau ke Dumai terutama rumah sakit tempat rujukannya," katanya.

Kemudian untuk pneumonia katanya, sebenarnya sama infeksi yang diserang itu mulai mata hingga paru-paru. "Itu sejalan biasanya penyebabnya virus dan yang diserang itu mulai mata sampai paru-paru," pungkasnya.