Manfaat Luar Biasa Bawang Putih Untuk Tubuh Bila Dimakan Mentah

siung.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Penyedap rasa masakan satu ini tentunya tidak asing lagi bagi kita. Ya..bawang putih, kerap kali menemani menu masakan sebagai penyedap rasa dan penambah aroma makanan yang menggugah selera. Tapi tahukan anda, ternyata bawang putih banyak menyimpan manfaat untuk tubuh bila dimakan mentan.


Sejak 500 SM bawang putih dipercaya memiliki manfaat bagi kesehataan. Hippocrates, seorang ahli kedokteran modern, menggunakan bawang putih sebagai obat pada pasien kanker serviks.

Dipercaya bahwa di dalam kandungan bawang putih memiliki antibakteri dan juga antijamur yang dapat memproteksi tubuh dari beragam serangan penyakit.

Khasiat Bawang Putih pada Wanita

Sedangkan bagi kaum hawa yang ingin menurunkan berat badan, dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu Anda untuk mendapakan tubuh yang ideal.

Sebab bawang putih dipercaya bisa mengatur metabolisme dalam tubuh sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

Ada banyak manfaat laian yang ternyata dimiliki bawang putih. Berikut ini telah kami rangkum beberapa manfaat bagi kesehatan yang dihasilkan dari bawang putih, seperti dikutip dari Health pada Sabtu, 19 Juli 2019. Sebagaimana dilansir RIAUONLINE dari liputan6.com.

1. Meringankan sakit gigi

Bawang putih dipercaya dapat mengatasi masalah sakit gigi. Cukup dengan menaruh beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan langsung pada gigi yang sakit dapat membantu meringankan sakit gigi karena sifatnya yang anti bakteri dan analgesik.

Namun sayangnya, cara ini membawa efek samping terjadinya iritasi pada gusi.

2. Menurunkan risiko kanker

Khasiat antikanker disebabkan adanya kandungan allyl sulfida pada bawang putih yang berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak. Bawang putih juga dinilai sangaat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker paru.

"Bawang putih bagus, untuk mencegah kanker paru. Untuk mendapatkan khasiat lebih banyak, coba makan bawang putih secara mentah. Memang rasanya tidak enak tetapi manfaatnya luar biaa. Jika Anda ingin mencobanya, mulailah dengan potongan yang kecil dulu," kata dr. Nadia Octavia seperti dikutip dari situs Klik Dokter.

Bawang Putih dan Gula Darah

3. Mengatur gula darah

Bawang putih dapat berfungsi sebagai pengatur gula darah. Dengan mengonsumsi bawang putih dapat membantu dalam peningkatan insulin dalam darah.

Oleh sebab itu mengonsumsi bawang putih dapat membantu pengendalian gula darah pada orang dengan diabetes.

4. Mengatur ritme jantung

Mengonsumsi bawang putih dipercaya dapat mengatur ritme jantung Anda. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk terhindar dari gangguan jantung.

Bagi Anda yang memiliki keluhan terhadap detak jantung yang terlalu cepat, konsumsi bawang putih dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

Bawang Putih untuk Kardiovaskular

5. Terhindar dari penyakit kardiovaskular

Terbukti banyak khasiat bawang putih khususnya bagi kesehatan jantung. Bawang putih menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan, memungkinkan zat besi mengalir lebih baik bagi tubuh.

Berbagai penelitia menunjukan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat kadar gula dalam darah.

6. Membantu penderita hipertiroidisme

Kadar yodium yang tinggi pada bawang putih membuatnya menjadi salah satu bahan alami yang sangat efektif bagi penderita hipertiroid. Pengobatan dengan bawang putih telah terbukti sangat berdampak baik pada penderita penyakit ini.