8 Manfaat Luar Biasa Wortel Yang Jarang Anda ketahui

wortel.jpg
(net)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Banyak yang menyarankan sebaiknya menyertakan wortel dalam kebutuhan makanan sehari-hari untuk kesehatan mata. Namun sebenarnya lebih dari itu, ada banyak manfaat wortel yang belum diketahui sebenarnya manfaatnya lebih besar.


Sayuran yang mudah dipadupadankan dengan yang lain ini juga bisa membantu menjaga berat badan hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Seperti melansir laman Health, Sabtu (15/6/2019) berikut manfaat makan wortel:

1. Kesehatan Mata

Apa yang orangtua Anda sampaikan saat masih kecil memang benar. Satu buah wortel memberikan 200 persen vitamin A dari target yang dibutuhkan per hari.

Kandungan nutrisi penting tersebut berperan sebagai sel antioksidan pelindung yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kondisi rabun senja.

Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam wortel juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Kedua kandungan alami yang ada di wortel tersebut melindungi retina dan lensa mata.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Opthalmology menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi 2 porsi wortel seminggu risiko terkena glaukoma 64 persen lebih rendah dibanding yang hanya mengonsumsi kurang dari satu porsi.

2. Penyeimbang Gula Darah

Serat di dalam wortel telah terbukti dapat mengatur tingkat gula darah dan insulin serta membantu kesehatan sistem pencernaan. Wortel mentah maupun yang telah dimasak juga memiliki indeks glikemik rendah yang membantu menjadi sumber energi.


3. Menjaga berat badan

Wortel tak hanya memiliki kandungan tinggi serat tetapi juga air. Bahkan 88 persen kandungannya merupakan air. Kombinasi ini dapat mempercepat rasa kenyang.

Selain itu, wortel juga rendah kalori. Satu cangkir wortel potong hanya mengandung 52 kalori. Penelitian juga mengatakan bahwa serat dalam wortel dapat mengurangi lemak perut.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Antioksidan dalam wortel telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa kanker termasuk kanker paru-paru, prostat dan leukimia. Sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa seseorang dengan asupan tinggi antioksidan karotenoid memiliki risiko kanker paru-paru 21 persen lebih rendah.

5. Penyeimbang Tekanan Darah

Kalium dalam wortel memiliki peran penting dalam mengatur tekanan darah. Kandungan tersebut menyeimbangkan tingkat sodium dan membantu membersikan sisa sodium serta cairan dari tubuh. Kedua hal tersebut dapat memberikan tekanan pada jantung.

Wortel juga pilihan tepat untuk menghilangkan kembung karena terlalu banyak konsumsi makanan asin.

6. Penurunan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah studi dari Belanda meliha bagaimana pengaruh warna buah dan sayuran dalam melindungi jantung. Hasilnya menemukan bahwa setiap 25 gram peningkatan konsumsi asupan sayur buah berwarna orange menurunkan risiko penyakit jantung. Wortel sendiri menurunkan 32 persen risiko penyakit jantung.

7. Menjaga imunitas

Kandungan vitamin C dalam wortel berperan penting dalam menjaga imun. Kandungan tersebut juga memiliki peran dalam pembentukan dan melindungi membran mukosa yang berfungsi untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh.

8. Nutrisi Tambahan

Kandungan natural wortel terbukti sebagai anti inflamasi yang mendukung kesehatan otak dan liver. Wortel juga memiliki sedikit kandungan vitamin K dan B yang baik untuk memproduksi energi.

Wortel direkomendasikan untuk dikonsumsi mentah maupun dimasak. Wortel mentah yang sudah dicuci bersih kemudian dimakan memiliki indeks glikemik rendah. Namun, wortel yang dimasak juga baik karena membantu penyerapan antioksidan.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: Tak Hanya untuk Mata, Ini 7 Manfaat Hebat Wortel