Aktual, Independen dan Terpercaya


Jalani 5 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Perpanjang Umur 10 Tahun

Sayur-dan-Buah.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Para peneliti telah mengukur efek gaya hidup sehat terhadap harapan hidup seseorang. Menurut peneliti dari Harvard University, mengadopsi lima kebiasaan sehat setiap hari bisa menambah usia harapan hidup Anda lebih dari 10 tahun.

Kelima kebiasaan sehat tersebut antara lain mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, menjaga berat badan, tidak mengonsumsi alkohol, dan tidak merokok.

Temuan ini didapat setelah peneliti melakukan analisis terhadap data kesehatan 78.865 perempuan selama 34 tahun dan 44.354 lelaki selama 27 tahun seperti diwartakan laman Suara, Rabu 2 Mei 2018.

Rata-rata, baik perempuan maupun lelaki yang menjalani kelima kebiasaan sehat tersebut memiliki risiko 74 persen lebih rendah mengalami kematian dini.

Menurut penelitian, jika seorang perempuan berusia 50 tahun mengadopsi semua kebiasaan sehat ini, maka Ia dapat hidup selama 43 tahun lagi.

Jika dia tidak melakukan satu pun dari kebiasaan sehat ini, kemungkinan dia hanya akan hidup selama 29 tahun lagi.

Sementara untuk lelaki berusia 50 tahun, menjalani lima kebiasaan sehat ini bisa hidup selama 38 tahun mendatang.

"Studi ini menggarisbawahi pentingnya menjalani kebiasaan gaya hidup sehat untuk memperpanjang usia," kata Frank Hu, Ketua Departemen Nutrisi di Harvard Chan School.

Sayangnya, kepatuhan seseorang untuk menjalani gaya hidup sehat masih sangat rendah.

Oleh karena itu, Hu mengatakan, perlunya kebijakan publik yang bisa mendorong produksi makanan sehat dan membangun lingkungan yang kondusif untuk mempromosikan pola makan dan gaya hidup sehat.(2)