Pemprov Riau Gratiskan Biaya Operasi Bayi Yatim 4 Bulan Derita Tumor di Wajah

Muhammad-Ilham-Bocah-Penderita-Tumor.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mobil Ambulance Public Safety Center 119 milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau menerobos rintik-rintik hujan membasahi Kota Pekanbaru menuju kediaman Muhammad Ilham, di Reyhan Laundry, Jalan Lili Ujung No 10, Sukajadi, Pekanbaru, Rabu malam, 20 Desember 2017, sekitar pukul 21.00 WIB. 

Ilham merupakan bayi berusia 4 bulan penderita tumor menutupi bagian tengah wajahnya. Bayi malang ini sudah yatim, ibunya bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanitra (TKW) di negeri Jiran, Malaysia. 

Selama ini, Ilham tinggal bersama tantenya, Sa'diah (38), bekerja dengan membuka usaha laundry. Kedatangan mobil Ambulance milik Dinkes Riau tersebut disertai juga dengan kedatangan Kepala Dinas Kesehatan, Mimi Nazir. 

Baca Juga: 

Gubernur Riau Menahan Tangis Ketika Menjenguk Sheyla

Cara Praktis Bedakan Tumor Ganas Dan Jinak Di Payudara

Ilham dijemput untuk ditangani penyakit tumor yang telah menutupi wajahnya tersebut ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Pekanbaru. 

"Pak Gub (Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman) dapat pesan chat WhatsApp, kalau ada pasien bayi malang ini dan langsung memerintahkan kami untuk bergerak," ujar Kadis Kesehatan, Mimi Nazir yang datang bersama Tim Jamkesda Diskes Riau.

Muhammad Ilham

MUHAMMAD Ilham 

Mimi memastikan, seluruh biaya pengobatan Ilham selama operasi dan perawatan, gratis dan ditanggung Pemerintah Provinsi Riau. 

"Bayi ini tidak akan dikenakan biaya pengobatan sepeser pun. Insya Allah semuanya ditanggung melalui skema pembiayaan Jamkesda," ujar Mimi.

Ilham tiba di RSUD Arifin Achmad sekitar pukul 21.30 WIB. Ia langsung mendapat penanganan pertama di Instalasi Gawat Darurat. "Di sini kita lakukan observasi terlebih dahulu, sebelum nantinya dipindahkan ke ruang Mawar perawatan anak," ujar Direktur RSUD Arifin Achmad, dr Nuzelly Husnedi MARS.

Ia menjelaskan, RSUD AA siap menangani Ilham. Apalagi RSUD sudah menjadi pusat rujukan kanker di Riau. "Insya Allah dokter, tenaga medis dan peralatan kita sudah sangat memadai untuk merawat Ilham," pungkasnya. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id