Raih Juara 1, Inhil Singkirkan 11 Kabupaten dan Kota di Riau

Lomba-Masakan-Menu-Lokal.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: M ZAENAL REDO 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah melalui proses penjurian yang panjang, akhirnya Kabupaten Inderagiri Hilir (Inhil) diumumkan mewakili Provinsi Riau ke nasional dalam Lomba Cipta Menu, 18 Oktober 2017, di Kalimantan Barat.

Inhil menyingkirkan 12 kabupaten dan kota di Riau dengan beberapa menu andalan mereka perkenalkan. Seperti nasi triwarna ubi kayu, pepes ayam pepaya, buah merona dan menu lainnya dapat mengggah selera.

Tim Penggerak Pusat selaku Ketua Dewan Juri, Johan Susmono mengatakan, terpilihnya Inhil sebagai juara pertama karena kabupaten ini telah melewati berbagai tahapan penilaian dari beberapa Dewan Juri lainnya. Inhil dinilai mampu memanfaatkan kearifan lokalnya sebagai menu andalan.

Baca Juga: 

Sagu di Provinsi Riau

Sagu, Tanaman Yang Sangat Menjanjikan Bagi Masyarakat Riau

"Di sini ada lima juri yang memiliki masing-masing keahlian dan kompeten. Kami menilai masing-masing peserta memperkenalkan maksimal harus ada dua karbohidrat, itu wajib. Kemudian tidak ada pestisida, menggunakan sumberdaya lokal, bahan dasar tidak menggunakan beras dan terigu," kata Johan Susmono, di Halaman Gedung Daerah Riau, Selasa, 8 Agustus 2017.

Beberapa kreteria tersebut dimiliki Kabupaten Inhil sehingga mereka dipilih memenangkan perlombaan ini. Ia menjelaskan, Inhil telah membuka mata dari juri-juri lainnya karena beberapa makanan diperkenalkan baru tahu dan baru dijumpainya.

 

"Forum ini luar biasa. Tadi banyak sekali makanan lokal diproses dengan baik tidak kami ketahui. Kalau kita memanfaatkan sumberdaya lokal ini tentu ini sangat menggembirakan," tutupnya.

Klik Juga: 

Pemprov Riau Perkenalkan Sagu Sebagai Potensi Pangan Dari Riau

Sagu Di Sungai Tohor Terbaik Di Indonesia Saat Ini

Selain Inhil, kabupaten dan kota lain yang turut memenangkan lomba berbasis sagu ini ialah Dumai meraih harapan III, Pelalawan harapan II, Meranti harapan I, Kuantan Singingi juara III dan Rokan Hulu Juara II. (Adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline